Illustrasi. Dok : MI.
Illustrasi. Dok : MI.

Pebisnis Masih Ragu Investasi di Sektor Keamanan Siber

Ekonomi investasi
Nia Deviyana • 24 Januari 2019 22:33
Jakarta: Cyber Security atau keamanan siber menjadi aspek penting yang harus diutamakan perusahaan. Namun, investasi perangkat keamanan masih menjadi dilema bagi para pebisnis dengan pertimbangan tidak menghasilkan return of investment (RoI) secara langsung.
 
Direktur Teknologi Informasi dan Manajemen Risiko Bursa Efek Indonesia (BEI) Fithri Hadi mengimbau perusahaan untuk tidak ragu berinvestasi di cyber security. Pasalnya, dampak kerugian baru akan terasa jika data sudah diserang hacker (peretas).
 
"Baru kerasa kalau kena attack dan mengalami kerugian masif. Jadi memang masih banyak pebisnis yang suka menunda-nunda investasi di cyber security," ujar Fithri usai diskusi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis, 24 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di Pasar modal, tambah Fithri, serangan siber masih tergolong ringan dan mudah ditangani seperti serangan DOS dan pencurian ID.
 
"Kebetulan kalau bursa model bisnisnya B2B (business-to-business), yang menggunakan sistem bukan individu tetapi lebih banyak perusahaan efek dan entitas korporasi. Jadi agak sedikit mudah mengamankannya," jelas dia. Berbeda dengan perusahaan sekuritas yang model bisnisnya B2C (business to consumer) yang lebih rumit dalam menjaga keamanan datanya.
 
Sebuah studi yang dilakukan Frost & Sullivan menyebutkan serangan siber di Indonesia memiliki potensi kerugian ekonomi sebesar USD34,2 miliar (Rp481 triliun) atau sekitar 3,7 persen dari total Pendapatan Domestik Bruto.
 
Studi Asia Pacific Security Capabilities Benchmark Cisco 2018 juga menyebutkan bahwa 66 persen perusahaan harus mengeluarkan USD500 ribu atau lebih untuk mengatasi serangan siber.
 
Sementara, 13 persen responden mengatakan bahwa mereka mengeluarkan USD5 juta atau lebih. Kerugian ini mencakup pendapatan yang hilang, kehilangan pelanggan dan biaya lainnya.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif