Ilustrasi tembakau. (FOTO: Medcom.id)
Ilustrasi tembakau. (FOTO: Medcom.id)

Tekanan LSM Rugikan Industri Tembakau

Ekonomi tembakau
13 Mei 2019 13:03
Jakarta: Tekanan sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang terus mendorong penerapan peraturan daerah (perda) kawasan tanpa rokok (KTR) dianggap mengusik kedaulatan negara serta merugikan industri tembakau di Tanah Air.
 
"Tekanan LSM asing sejatinya ialah persaingan industri kesehatan di luar negeri untuk memukul industri rokok di Tanah Air dengan memakai instrumen kesehatan," ujar pakar hukum tata negara Margarito, dalam menyikapi sejumlah LSM asing yang gencar mendorong penerapan Perda KTR di Indonesia.
 
Ia melanjutkan dampak tekanan LSM tak hanya memukul industri rokok, tapi juga akan dirasakan para petani tembakau dan pekerja rokok. "Bagaimana caranya kita menyelamatkan para petani serta pekerja tembakau yang jumlahnya jutaan orang," tutur Margarito.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apalagi dari sudut pandang hukum sebenarnya tidak cukup ber-alasan mengesahkan kawasan tanpa rokok. "Kawasan bohong-bohong itu, kawasan terbuka dilarang orang merokok, gimana ceritanya?" kilah Margarito.
 
Belum lagi perda KTR seperti yang berlaku di Kota Bogor bertentangan dengan aturan di atasnya yakni Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 109 Tahun 2012 tentang pengamanan bahan yang mengandung zat adiktif berupa produk tembakau bagi kesehatan.
 
Di sisi lain, kampanye rokok yang bisa membuat orang mati, menurutnya, juga tidak beralasan karena asap mobil di jalan raya jauh lebih berbahaya. Akan tetapi, kampanye antiasap mobil tak digencarkan oleh LSM tersebut.
 
Karena itu, dia meminta pemerintah sebaiknya mengabaikan tekanan dari LSM asing yang menginginkan pemberlakuan KTR secara luas di Tanah Air. "Kita harus pastikan pemerintah berpihak kepada rakyat, berpihak kepada ekonomi kita, berpihak kepada petani kita. Harus dipastikan kita berdaulat, tidak diatur-atur asing atau negara lain," tukas Margarito. (Media Indonesia)
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif