Presiden Jokowi. Foto : MI/Ramdani.
Presiden Jokowi. Foto : MI/Ramdani.

Lima Berita Ekonomi Populer dalam Sepekan

Ekonomi Berita Menarik Ekonomi Sepekan
Arif Wicaksono • 12 Januari 2020 14:46
Jakarta: Penurunan harga gas, kasus Asuransi Jiwasraya, proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia oleh Bank Dunia, hingga kesiapan listrik untuk MotoGP Mandalika menjadi berita-berita terpopuler selama sepekan terakhir.
 
Artikel yang membahas kelanjutan kasus Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti Jiwasraya tetap menjadi salah satu artikel terbanyak dibaca. Kemudian dilanjutkan dengan permintaan Presiden Joko Widodo untuk menurunkan harga gas industri.
 
Medcom membagikan beberapa artikel di rubrik ekonomi yang menjadi terbanyak dibaca dalam sepekan. Artikel itu bisa menjadi referensi bagi pembaca yang kerap memantau isu ekonomi terkini.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Jokowi Targetkan Harga Gas Industri Turun
 
Presiden Joko Widodo meminta harga gas industri kembali ke angka USD6 per MMBTU (Million Metric British Thermal Unit) dalam tiga bulan. Penetapan harga gas tersebut tertuang dalam Perpres Nomor 40 Tahun 2016.
 
Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan dalam peraturan ini terdapat tujuh sektor industri yang semestinya mendapatkan harga gas sebesar USD6 MMBTU. Namun harga jual gas industri di lapangan mencapai USD8-USD9 per MMBTU atau melebihi harga yang ditetapkan pemerintah.
 
Baca artikel selengkapnya di sini.
 
2. Erick Thohir Kumpulkan Dirut BUMN Bahas Ibu Kota Baru
 
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengumpulkan sejumlah direksi perusahaan BUMN untuk membahas ibu kota baru.
 
Para pimpinan perusahaan pelat merah yang dikumpulkan di antaranya yakni Direktur Utama PT Pembangunan Perumahan/PP (Persero) Lukman Hidayat, Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo, Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tumiyana, Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani, dan Direktur Utama Perum Perumnas Bambang Triwibowo.
 
Kemudian Direktur Utama PT BTN (Persero) Pahala Mansyuri, Direktur Utama PT BRI (Persero) Sunarso, Plt Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Fuad Rizal, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspitadewi, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Wakil Direktur Utama Pelindo II Hambra Samal, serta Direktur Utama PGN Gigih Prakoso.
 
Baca artikel selengkapnya di sini.
 
3. Pertumbuhan Ekonomi Global Bisa Naik Jadi 2,5%
 
Bank Dunia dalam rilis 'Prospek Ekonomi Global 2020' memperkirakan pertumbuhan ekonomi global naik tipis menjadi 2,5 persen pada tahun ini. Hal ini sejalan dengan investasi dan perdagangan yang secara bertahap mulai pulih meskipun risiko ekonomi juga masih membayangi.
 
Meski demikian, pertumbuhan kelompok negara-negara maju diperkirakan turun menjadi 1,4 persen pada 2020 karena melambatnya industri manufaktur. Sementara itu, pertumbuhan di pasar dan ekonomi negara berkembang diperkirakan akan meningkat tahun ini menjadi 4,1 persen. Namun, peningkatan ini tidak berbasis luas meski ada peningkatan kinerja dari kelompok ekonomi besar.
 
Baca artikel selengkapnya di sini.
 
4. BUMN Tak Boleh Rekayasa Laporan Keuangan
 
Menteri BUMN Erick Thohir berjanji akan mencegah rekayasa laporan keuangan perusahaan pelat merah. Hal ini menyusul kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero) akibat memoles laporan keuangannya.
 
Dia menjelaskan bahwa Deputi Keuangan di BUMN akan menjamin agar tidak ada lagi BUMN-BUMN itu yang menyulap laporan keuangan.
 
Erick memastikan Deputi Keuangan Kementerian BUMN bekerja optimal agar tak ada lagi perusahaan pelat merah yang melakukan revaluasi aset secara mendadak demi menerbitkan surat utang. Hal tersebut dinilai sangat berbahaya bagi kelangsungan perusahaan BUMN Tanah Air.
 
Baca artikel selengkapnya di sini.
 
5. PLN Siap Penuhi Kebutuhan Listrik MotoGP
 
PT PLN (Persero) siap memenuhi kebutuhan listrik untuk gelaran MotoGP yang akan dilaksanakan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika pada 2021.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo saat mengunjungi lokasi gelaran MotoGP 2021 di Mandalika, Lombok Tengah dan beberapa infrastruktur kelistrikan di Pulau Lombok, Jumat, 10 Januari 2020.
 
Darmawan mengatakan bahwa MotoGP merupakan event internasional pertama kali yang akan digelar di Indonesia sehingga kebutuhan dan pasokan listrik harus mendapatkan jaminan kualitas dan keandalan bertaraf MotoGP. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut PLN persiapkan insfrastruktur listriknya dengan matang.
 
Baca artikel selengkapnya di sini.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif