Ilustrasi (MI/Aries Munandar)
Ilustrasi (MI/Aries Munandar)

Cara BPDPKS Tingkatkan Dana Bantuan ke Petani Sawit

Ekonomi minyak sawit kelapa sawit
Nia Deviyana • 23 Juli 2019 10:04
Jakarta: Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) mempercepat program penyaluran dana peremajaan kelapa sawit melalui sistem online. Adapun pada 2019 ditargetkan bisa menyalurkan dana ke 200 ribu hektare (ha) lahan kelapa sawit yang tersebar di 106 kabupaten dan 21 kota.
 
"Dengan aplikasi online, kemungkinan bisa terkejar target 200 ribu," ujar Direktur BPDPKS Herdrajat Natawidjaja, saat mengisi sesi diskusi di Aloft Hotel, Jakarta Pusat, Senin, 22 Juli 2019.
 
Herdrajat menjelaskan dana peremajaan sawit diambil dari pungutan ekspor untuk petani sawit yang memiliki luas lahan tidak lebih dari empat ha. Bentuk bantuan yang diberikan memiliki tiga skema, bisa berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR), tabungan petani, maupun kombinasi keduanya yang bernilai Rp25 juta per ha lahan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Program ini tentunya untuk meningkatkan kesejahteraan petani karena produktivitas petani swadaya kita masih rendah. Hanya berkisar dua sampai tiga ton per ha per tahun. Mereka juga pakai tanaman tua dan bibit ilegitim," papar Herdrajat.
 
Kondisi tersebut, menurut Herdrajat, akhirnya berakibat pada kurangnya pendapatan petani. Hal tersebut cukup memprihatinkan mengingat dalam sektor kelapa sawit Indonesia, petani swadaya merupakan aktor utama.
 
"Petani swadaya menguasai menguasai hampir separuh perkebunan kelapa sawit Indonesia. Pulau Sumatera dan Kalimantan memiliki lahan terbesar, begitu juga wilayah seperti Maluku, Sulawesi, dan Papua, meski tidak sebesar Sumatera dan Kalimantan (pertumbuhan petaninya), mereka nyata," tukas Herdrajat.
 
Berdasarkan data BPDPKS, penyaluran dana peremajaan sawit rakyat dalam rentang 2017-2019 sebesar Rp706,90 miliar. Dana tersebut telah dikucurkan untuk peremajaan lahan seluas 28.276 ha.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif