Presiden RI Joko Widodo (Foto:Medcom.id/Desi Angriani)
Presiden RI Joko Widodo (Foto:Medcom.id/Desi Angriani)

Upaya Jokowi Tingkatkan Iklim Investasi Diapresiasi

Ekonomi berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 16 Mei 2019 21:36
Jakarta: Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi upaya pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) dalam merespons turunnya nilai investasi Indonesia pada 2018. Berbagai kebijakan dianggap mampu meningkatkan daya tarik investasi.
 
Untuk diketahui, nilai investasi Indonesia pada 2018 berkisar Rp392 triliun. Jumlah tersebut turun 8,8 persen dibandingkan 2017.
 
"Pemerintah telah bekerja keras membuat berbagai kebijakan dan terus berupaya meminimalkan berbagai kendala," kata Bamsoet saat menjadi keynote speaker Forum IndoSterling dengan tema Memprediksi Iklim Investasi Indonesia Paska Pilpres di Ruang Abdul Muis Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis, 16 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Golkar itu menyebutkan, setidaknya ada beberapa upaya nyata yang telah dilakukan Jokowi untuk meningkatkan investasi Indonesia. Salah satunya, mempermudah perizinan investasi.
 
Kepala Badan Bela Negara FKPPI menyebutkan, dahulu setiap investor harus mengurus sekitar lebih dari 200 izin. Namun, saat ini ratusan tahapan tersebut itu sudah dipangkas Jokowi menjadi sekitar 50 izin.
 
"Kalau ke depan cukup 5-10 perizinan, maka kemungkinan besar investasi kita meningkat," kata Bamsoet optimistis.
 
Selain itu, Jokowi dianggap tengah berusaha memeratakan investasi ke seluruh wilayah Indonesia. Presiden hendak mengubah stigma Jawa sentris. "Caranya, dengan melakukan pembangunan infrastruktur," ujar Bamsoet.
 

(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif