Menteri BUMN Rini Soemarno saat menyambangi lokasi kereta cepat Jakarta-Bandung. FOTO: dok Kementerian BUMN.
Menteri BUMN Rini Soemarno saat menyambangi lokasi kereta cepat Jakarta-Bandung. FOTO: dok Kementerian BUMN.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Butuh Tenaga Profesional

Ekonomi kereta cepat
Eko Nordiansyah • 01 Oktober 2019 15:37
Jakarta: PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) membutuhkan tenaga profesional untuk proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Posisi yang dibutuhkan di antaranya masinis, petugas pemeliharaan, sampai dengan petugas di control center.
 
Direktur Utama KCIC Chandra Dwiputra mengatakan pihaknya bakal merekrut orang-orang yang sudah memiliki spesifikasi tertentu. Menurutnya tenaga kerja yang dibutuhkan adalah profesional bukan orang-orang yang baru lulus (fresh graduate).
 
"Khusus ada spesifikasi yang harus ada pengalaman. Karena spesifikasi butuh yang punya pengetahuan tentang kereta," kata dia ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa, 1 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan, KCIC bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), yang merupakan perguruan tinggi kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan dan Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) di Madiun.
 
"Rekrut mulai tahun ini, karena training satu tahun lebih jadi begitu rekrut pada saat sudah kereta datang lalu dites semua. Setelah itu mulai ngunci, comissioning supir kan tes di situ kan," jelas dia.
 
Chandra berharap setelah pelatihan selama tiga sampai empat, para pekerja bisa mengoperasikan sendiri. Setelah itu, Kementerian Perhubungan akan memberikan sertifikasi layak operasi bagi pekerja kereta cepat Jakarta-Bandung.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif