Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.

Menteri Teten Lelang Tiga Jabatan Deputi

Ekonomi kementerian koperasi dan ukm
Ilham wibowo • 17 Januari 2020 17:30
Jakarta: Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki tengah mencari tiga talenta profesional untuk menempati jabatan strategis sebagai deputi. Proses rekrutmen rencananya bakal dibuka untuk masyarakat umum baik PNS maupun non-PNS.
 
"Kami sampaikan rencana rekrutmen terbuka untuk PNS maupun non-PNS untuk pengisian jabatan tinggi madya di lingkungan Kemenkop UKM, kami ajukan tiga jabatan deputi," kata Teten ditemui di kantornya, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 17 Januari 2020.
 
Tiga posisi eselon I yang lowong lantaran pejabat sebelumnya telah pensiun yakni Deputi Bidang Pembiayaan, Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha dan Deputi Bidang Pengawasan. Teten menuturkan lelang jabatan sengaja dilakukan agar bisa menjaring talenta yang sesuai dengan ketercapaian target program Presiden Joko Widodo di periode kedua.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pengisian jabatan kosong ini kami proyeksikan sebagai bagian dari restrukturisasi dan program penguatan lembaga. Kami harapkan nanti ada dari private sektor yang masuk selain dari PNS," tuturnya.
 
Teten mengakui, transformasi Koperasi dan UKM di Tanah Air yang berkontribusi pada 60 persen perekonomian nasional tak bisa dilakukan dengan cara biasa. Diperlukan praktisi yang bisa membawa pada pengelolaan modern.
 
"Saya merasa berat harus mengurus 60 persen penopang ekonomi nasional ini tanpa SDM unggul. Presiden sudah prioritaskan UMKM dalam periode kepemimpinan kedua ini," tuturnya.
 
Syarat dan ketentuan proses pendaftaran yang dimulai pada 20 Januari 2020 ini bisa dilihat langsung di website resmi Kemenkop UKM. Teten memastikan seluruh proses seleksi dilakukan secara terbuka.
 
"Kami ingin ada pelaku dan praktisi usaha yang bisa masuk mewarnai dan kembangkan untuk tumbuhnya ekonomi rakyat ini. Kami ingin buka seluas-luasnya bagi yang punya komitmen dan passion kembangkan Koperasi dan UMKM," ungkapnya.
 
Selain komitmen, kandidat yang ingin dicari yakni memiliki pengalaman dan inovasi pada pengembangan pengelolaan Koperasi dan UKM. Selain itu, para kandidat juga mesti bisa memberikan penyegaran dalam menjabarkan program.
 
"Di sini budget kecil, enggak ada kesempatan korupsi dan justru itu saya udang mudah-mudahan ada orang dari koorporasi, saya tantang ke sini dengan gaji kecil mau enggak, saya juga mau di sini," pungkasnya.
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif