Ilustrasi. (FOTO: AFP)
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Mengenal Enam Tingkatan Valuasi Startup

Ekonomi startup Unicorn
05 Maret 2019 14:17
Jakarta: Startup atau perusahaan rintisan seakan selalu menarik untuk diulas. Kehadiran berbagai jenis startup di tengah masyarakat ini bukan hanya untuk bisnis saja, namun juga menjadi sebuah alternatif untuk memudahkan urusanpenggunanya dalam kehidupan sehari-hari.
 
Menurut Indonesia Digital Creative Industry Society, jumlah startup yang berkembang di Indonesia hingga akhir 2018 mencapai 992 startup yang menjangkau berbagai macam sektor.
 
Mulai dari sektor transportasi, pendidikan, teknologi, hingga travelling. Banyaknya permintaan konsumen terhadap jasa dari startupmembuat perusahaan-perusahaan ini mendapatkan atensi dari pemodal atau investor agar dapat terus berkembang dan berinovasi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Karena pertumbuhan dari startup sangat erat kaitannya dengan pendanaan, maka tidak mengherankan jika startup selalu identik dengan nilai atau valuasi. Beberapa istilah dari tingkatan valuasi startup seperti unicorn dan decacorn juga mulai familiar saat ini.
 
Namun, sebenarnya apakah itu valuasi perusahaan rintisan?
 
"Valuasi merupakan nilai dari suatu perusahaan rintisan. Startup saat ini masih tergolong semi-enterprise, sehingga nilai valuasinya ditentukan berdasarkan persetujuan antara founder dengan investor yang kemudian membuat perhitungan nilai valuasi startup menjadi beragam, tergantung dari persetujuan tersebut," kata Social Media Specialist Dailysocial.id Prilita Kamalia, kepada Antara, beberapa waktu lalu.
 
Nilai atau valuasi dari sebuah perusahaan dapat dihitung melalui beberapa cara, dan cara yang paling mudah adalah dengan menunjukkan profit bisnisnya. Misalnya sudah berapa banyak fitur yang telah dibuat dan dikembangkan, bagaimana respons masyarakat sebagai pengguna, seperti apa pertumbuhan user-nya, dan sebagainya.
 
Dengan pertumbuhan yang signifikan, perusahaan tersebut akan terus mendapatkan dukungan dari investor dan secara langsung juga menambah nilai perusahaannya.
 
"Karena itu, startup yang muncul saat ini sangat gencar untuk mempromosikan produknya kepada publik. Interaksi dengan pengguna menambah kredibilitas perusahaan dan tentu dapat meyakinkan investor untuk mendukungnya," tambahnya.
 
Tingkatan Valuasi Startup
 
Tingkatan nilai atau valuasi dalam dunia startup bukan hanya unicorn dan decacorn. Saat ini terdapat enam sebutan dalam tingkatan valuasi perusahaan rintisan; yaitu cockroach, pony, centaurs, unicorn, decacorn, dan hectocorn.
 
Tiga tingkatan awal dari perusahaan rintisan merupakan langkah pertama dari pertumbuhan suatu startup. Dalam level cockroach, perusahaan rintisan memulai usahanya dan giat untuk melakukan promosi kepada publik.
 
Prilita menambahkan, pertumbuhan nilai dari perusahaan biasanya mulai terlihat ketika perusahaan tersebut berada di level pony, dengan valuasi sebesar USD10 juta atau sekitar Rp141 miliar.
 
"Ketika sebuah perusahaan startup berada di level ini, perusahaan tersebut memiliki tantangan untuk mempertahankan atau malah mampu mengembangkan nilainya ke tingkatan selanjutnya, seperti centaurs atau bahkan unicorn," terangnya.
 
Startup disebut centaurs ketika ia memiliki valuasi USD100 juta, unicorn USD1 miliar, decacorn USD10 miliar, dan hectocorn memiliki valuasi lebih dari USD100 miliar. Tiga level teratas dari valuasi startup adalah unicorn, decacorn, dan hectocorn.
 
Memerlukan waktu yang tidak sebentar bagi perusahaan-perusahaan rintisan untuk mendapatkan gelar ini. Go-Jek, Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak merupakan empat perusahaan rintisan Indonesia yang telah menyabet gelar unicorn.
 
Sedangkan Grab, startup asal Singapura telah menjadi pemilik predikat decacorn pertama di Asia Tenggara. Untuk hectocorn dengan valuasi mencapai USD100 miliar masih dipegang oleh Apple, Google, dan Microsoft.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif