Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani. Dok: MI.
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani. Dok: MI.

Kadin Yakin Investasi Bakal Membaik di 2019

Ekonomi investasi kadin ekonomi indonesia
Ilham wibowo • 07 Januari 2019 15:43
Jakarta: Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani memprediksi sektor perdagangan Indonesia akan lebih baik pada tahun ini. Pertumbuhan ekonomi bakal meningkat seiring dengan kehadiran investasi.
 
"Saya lihat sih kita makin lama makin baik dan iklim investasi kita makin lama makin menarik untuk masuk Indonesia," ujar Rosan di gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin, 7 Januari 2019.
 
Dorongan dari konsumsi domestik masih akan menopang pertumbuhan ekonomi yang ia proyeksikan akan mencapai 5,3 persen sepanjang 2019. Kendati demikian, Rosan juga menggarisbawahi bidang investasi yang harus dipacu lebih kuat lagi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pemerintah terus menciptakan banyak kebijakan yang baik seperti tax allowance, tax holiday dan Online Single Submission. Berbagai perbaikan di segi birokrasi dan perpajakan juga cukup membantu walaupun tentunya kita harus senantiasa melakukan perbaikan-perbaikan lebih lanjut karena kita berkompetisi dengan negara-negara tetangga," paparnya.
 
Rosan juga menyoroti perlunya peningkatan ekspor. Pemerintah perlu segera menghentikan ketergantungan pada Tiongkok dan menguatkan pasar-pasar baru seperti negara di Benua Afrika.
 
"Karena Tiongkok pertumbuhan ekonominya diprediksi melambat tahun ini, mungkin disekitar 6,2 persen. Kita ini lebih sensitif terhadap perlambatan pertumbuhan Tiongkok dibandingkan Amerika Serikat karena ekspor kita ini banyak melibatkan Tiongkok," ungkapnya.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif