Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (MI/SUSANTO)
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (MI/SUSANTO)

Bamsoet Minta KKP Benahi Sistem Logistik

Ekonomi perikanan kelautan dan perikanan
Nia Deviyana • 05 Januari 2019 05:08
Jakarta: Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Bambang Soesatyo mendesak Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk membenahi sistem logistik ikan nasional yang belum efisien.
 
"Caranya dengan melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap pelaku industri, terutama sarana dan prasarana seperti alat produksi, penyimpanan ikan, transportasi, distribusi ikan, serta produk perikanan," ujar Bamsoet, sapaan akrabnya, melalui keterangan resminya yang diterima Medcom.id, seperti dikutip Sabtu, 5 Januari 2018.
 
Lebih lanjut, Bamsoet juga mengimbau DJPT untuk menyediakan tempat penyimpangan ikan di setiap Tempat Pelelangan Ikan (TPI) untuk membantu nelayan dalam menjaga kualitas ikan tetap dalam kondisi baik.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, ketidakpastian pasokan ikan segar menjadi salah satu penyumbang inflasi nasional yakni sebesar 0,1 persen pada 2018. Kendati demikian, KKP mencatat kuantitas produksi ikan di Indonesia pada tahun lalu naik dibandingkan dengan di 2017.
 
Menurut KKP terjadi peningkatan pasokan ikan segar sebanyak 50 persen dari 6,8 juta ton menjadi lebih dari 12 juta ton. Pada 2019, KKP mengaku akan fokus pada kualitas penangkapan ikan dibandingkan dengan kuantitas. Jika kualitasnya baik, harganya juga akan tinggi.
 
"Jadi sedang kita sosialisasikan cara menangkap ikan yang baik. Contoh ikan kalau ditangkap sampai menggelepar kalau dimakan dagingnya sudah enggak enak," ujar Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga KKP Suseno, belum lama ini.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif