Luhut: Kita Mesra dengan Siapa Saja
Menko Perekonomian Darmin Nasution. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menepis ungkapan yang menyebut pemerintah 'mesra' pada Tiongkok. Ia menuturkan Indonesia mesra pada siapapun yang membawa dampak positif bagi negara.

"Mengenai Tiongkok ini, saya menggarisbawahi katanya kita lagi mesra-mesranya sama Tiongkok. Kita mesra pada siapa saja yang bawa duit ke Indonesia," kata dia di Kantor Kemenko Maritim Jakarta, Jumat, 30 November 2018.

Sebagai sebuah negara, tambah dia, Indonesia terlalu besar untuk berpihak. "Apakah itu Tiongkok, Amerika, atau Jepang, kita berpihak pada kepentingan masing-masing," lanjut dia.

Luhut menegaskan Indonesia sebagai negara yang tidak bisa diatur siapapun. Sebaliknya, investor dari negara lain yang harus mengikuti aturan-aturan yang diberlakukan pemerintah.

Dia mengatakan ada empat aturan yang telah diberlakukan pada investor. "Pertama, teknologi yang digunakan harus ramah lingkungan. Tidak boleh second class technology. Mau dari Tiongkok kek, mau dari bulan kek, harus benar-benar pakai yang proper technology," cetus dia.

Kedua, investor yang datang harus membawa nilai tambah, tidak hanya mengeksplorasi kemudian mengekspor barang mentah. Ia mencontohkan pabrik di Morowali yang mengeksplorasi nikel, pemerintah telah mengarahkan pabrik untuk memproduksi baterai lithium.

Ketiga, investor boleh menggunakan tenaga asing selama empat tahun pertama. Namun, mereka harus berkomitmen mendirikan sekolah atau politeknik untuk melatih masyarakat lokal yang nantinya akan menggantikan tenaga asing.

Keempat, harus ada transfer teknologi sehingga Indonesia tak hanya menjadi pasar tetapi juga turut dilibatkan dalam riset. "Jadi kalau ada yang bilang kita diatur asing aseng segala macam, enggak ada itu. Kita yang atur diri kita. Kalau mau investasi boleh, tapi harus ikuti aturan," pungkasnya.



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id