Suasana saat Yanmar meluncurkan dua traktor di Bangkok, Thailand (Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin)
Suasana saat Yanmar meluncurkan dua traktor di Bangkok, Thailand (Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin)

Traktor Baru Yanmar Tingkatkan Efisiensi Produksi Pertanian

Ekonomi pertanian
Husen Miftahudin • 30 Januari 2019 08:18
Bangkok: Produsen mesin pertanian asal Jepang, Yanmar Co Ltd, meluncurkan dua traktor baru, YM357A dan YM351A. Kedua alat mesin pertanian (alsintan) itu diklaim mampu meningkatkan efisiensi produksi pertanian.
 
Presiden Korporasi Agribisnis Yanmar Hiroaki Kitaoka mengatakan peluncuran dua traktor sejalan dengan visi perusahaan dalam memodernisasi alat pertanian yang ramah lingkungan sehingga mampu meningkatkan kualitas produksi pertanian dan sumber daya manusia.
 
"Untuk menjadikan visi jadi kenyataan, kami menyesuaikan pengguna di Asia Tenggara dengan produk kami. Di Asia Tenggra mereka bilang puas terhadap produk kami untuk pengelolaan ladang dan sawah untuk sayur mayur," ujar Kitaoka, dalam konferensi pers peluncuran dua traktor Yanmar di Centre Point, Bangkok, Selasa, 29 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengembangan traktor YM357A dan YM351A, jelasnya, bekerja sama dengan perusahaan manufaktur India, International Tractors Limited (ITL). Pengembangan teknologi kedua traktor tersebut dimulai sejak 2017 ketika Yanmar membeli 30 persen saham ITL.
 
"Untuk memahami kebutuhan pengguna di Asia Tenggara, kami mengembangkan teknologi. Kami bekerja sama dengan ITL yang mempunyai teknologi berkualitas tinggi," beber dia.
 
Traktor Yanmar seri YM menggunakan teknologi mutakhir. Kedua traktor yang diluncurkan dilengkapi Smart Assist Remote (SAR) yang memungkinkan pengguna bisa mengakses informasi penting tentang traktor mereka, seperti fitur intuitive user interface yang bisa diakses melalui smartphone.
 
Selain itu, lanjut Kitaoka, traktor seri YM juga menggunakan mesin yang kuat dan hemat bahan bakar. Mesinnya menggabungkan beberapa fitur inovatif yang dapat meningkatkan kinerja sehingga konsumsi bahan bakar rendah dan daya tahan tinggi.
 
Kemudian, rasio gear dicocokkan dengan kecepatan kerja untuk performa terbaik dengan 8 gear maju dan 8 gear mundur. Rasio gear mencakup seluruh rentang kecepatan untuk memberikan torsi terbaik sesuai dengan kecepatan yang diperlukan.
 
"Kami menyediakan fitur yang high class sehingga transisinya smoth. Traktor YM juga sangat bagus digunakan di lahan kering maupun sawah dan dapat mengangkut berbagai muatan," pungkasnya.
 
Adapun kedua traktor yang diluncurkan akan dipasarkan di beberapa negara Asia Tenggara. Di Indonesia, traktor YM akan mulai dipasarkan tahun ini.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif