2019, Bantuan Pangan Nontunai Merata di Daerah

Husen Miftahudin 08 November 2018 14:44 WIB
bansos
2019, Bantuan Pangan Nontunai Merata di Daerah
Menko PMK Puan Maharani memimpin rapat. Medcom/Husen M.
Jakarta: Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita menargetkan proses transformasi bantuan sosial (bansos) Beras Sejahtera (Rastra) ke Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) rampung pada Februari 2019. Namun beberapa daerah yang belum siap secara infrastruktur, pemerintah akan memberikan kelonggaran.

"Kita sedang mengupayakan agar transformasi Rastra ke BPNT itu selesai 100 persen, kita ancer-ancernya di bulan Februari (2019). Beberapa daerah yang memang belum punya kesiapan infrastuktur, e-warongnya belum siap, juga daerah-daerah remote, itu harus ada fleksibilitas (kelongaran)," ujar Agus Gumiwang di kantor Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Jalan Medan Merdeka Barat, Kamis, 8 November 2018.

Kelonggaran yang dimaksud Agus yakni terkait penyempurnaan Program Keluarga Harapan (PKH). Namun pemerintah memberi batasan waktu terhadap kelonggaran tersebut, penyempurnaan PKH maksimal tiga bulan.

"Kita memberikan satu batasan agar daerah-daerah tersebut bisa mempersiapkan diri untuk bisa masuk ke program BPNT itu dalam tiga bulan. Sehingga dalam tiga bulan itu semua infrastruktur, semua kendala-kendala yang ditemukan mereka di lapangan harus bisa selesai," tegasnya.

Sementara itu, Menko PMK Puan Maharani mengungkapkan perluasan mekanisme BPNT pada 2018 dilakukan sebanyak empat kali. Tahap terakhir akan dilakukan pada November 2018 di 219 kota.

"Perluasan BPNT sebagai transformasi Rastra ditargetkan mencapai 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tahun ini," bebernya.

Puan berharap perluasan BPNT mampu mengurangi angka kemiskinan di Indonesia.

"Perlu dipersiapkan dengan baik agar Susesnas (Survei Sosial Ekonomi Nasional) pada Maret 2019 berdampak pada penurunan angka kemiskinan lebih baik lagi," tutupnya.

 



(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id