Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. Foto: Medcom.id/Eko Nordiansyah.
Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. Foto: Medcom.id/Eko Nordiansyah.

Se-ASEAN, Biaya Logistik Indonesia Lebih Mahal

Ekonomi logistik
Eko Nordiansyah • 17 Oktober 2019 08:27
Jakarta: Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengakui biaya logistik di Indonesia memang belum efisien. Dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya, biaya logistik di Indonesia masih lebih mahal.
 
"Biaya logistik masih tinggi yakni terhadap PDB 24 persen, maka susah untuk investasi baru di Indonesia," kata dia di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu, 16 Oktober 2019.
 
Padahal negara-negara ASEAN lainnya seperti Vietnam biaya logistiknya hanya 20 persen dari PDB, Thailand 15 persen, dan Malaysia 13 persen. Sementara itu, biaya logistik di negara maju seperti Jepang jauh lebih rendah lagi, yaitu hanya sekitar delapan persen dari PDB.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan, mahalnya biaya logistik tentu akan memberatkan bagi para pengusaha. Karena biaya yang dikeluarkan lebih banyak, pengusaha hanya mendapat keuntungan yang sedikit. Bahkan bisa saja mereka beralih ke biaya logistik yang lebih murah.
 
"Kenapa harus jadi perhatian? Karena komplain bapak ibu kan logistiknya jelek, karena biaya logistik tinggi, pendapatan investor harus berkorban. Dia akan pindah ke negara lain, maka intinya biaya logistik Indonesia harus dipangkas," jelas dia.
 
Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang Perhubungan Carmelita Hartoto menyebut mahalnya biaya logistik masih menjadi pekerjaan rumah. Menurutnya pemerintah perlu bekerja sama dengan dunia usaha untuk menciptakan biaya logistik yang lebih efisien.
 
"Pastinya akan berdampak pada daya saing kinerja kita. Untuk itu perbaikan kinerja logistik nasional tidak bisa hanya melihat kesuksesan negara lain tapi harus mencari solusi dan berbenah dengan mengikuti perkembangan teknologi," ungkapnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif