Bank Mandiri. Foto : MI/Angga Yuniar.
Bank Mandiri. Foto : MI/Angga Yuniar.

Bank Mandiri Akan Ekspansi Bisnis ke Asia Tenggara

Ekonomi bank mandiri
Annisa ayu artanti • 09 Desember 2019 20:39
Jakarta: PT Bank Mandiri Tbk mengkaji rencana peluang ekspansi bisnis ke beberapa negara Asia Tenggara seperti Filipina, Malaysia, dan Vietnam.
 
Direktur Treasury and International Banking Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan ekspansi ini dilakukan karena perusahaan melihat peluang yang lebih baik berbisnis di luar negeri. Salah satunya adalah pengembangan bisnis retail banking.
 
"Khusus untuk pasar Filipina, untuk retail banking itu belum banyak pemainnya," kata Darmawan di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin, 9 Desember 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara keseluruhan untuk tiga negara tersebut, perusahaan berkode emiten BMRI ini akan menonjolkan layanan consumer dan micro financing. Namun dalam mengeksekusinya, perusahaan akan menerapkan strategi yang berbeda.
 
Untuk pasar Filipina, Bank Mandiri akan melakukan akuisisi bank yang ada. Sementara untuk Vietnam dan Malaysia, Bank Mandiri akan membangun bank baru.
 
"Filipina paling dekat (akuisisi), tapi ada juga negara lain. Artinya mana yang lebih efektif meningkatkan return of Equity (ROE) kami agar kinerja banknya tetap terjaga," ucap dia.
 
Darmawan juga belum bisa memastikan kapan pastinya rencana ekspansi tersebut akan dieksekusi. Dia mengungkapkan, untuk jangka menengah Bank Mandiri masih fokus bisnis dalam negeri masih jauh lebih optimal.
 
"Tapi kalau sekarang kita lihat secara jangka menengah, masih lebih optimal untuk fokus di dalam negeri, untuk membesarkan anak usaha kita. Yang ekspansi luar negerinya tetap bisa dilakukan setelah itu," pungkas dia.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif