Menteri ESDM Ignasius Jonan. FOTO: Medcom.id/Suci Sedya Utami.
Menteri ESDM Ignasius Jonan. FOTO: Medcom.id/Suci Sedya Utami.

Menteri ESDM: Habibie Inspirator Kemajuan Teknologi Tanah Air

Ekonomi bj habibie
Suci Sedya Utami • 12 September 2019 12:36
Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan turun merasa kehilangan atas wafatnya Presiden ke-3 RI BJ Habibie di usia ke-83 tahun.
 
Jonan memandang Habibie merupakan sosok yang memberikan banyak inspirasi terutama mengenai perkembangan teknologi di dalam negeri, serta membawa semangat bangsa Indonesia untuk membangun kedirgantaraan nasional.
 
"Indonesia kehilangan satu tokoh yang mendorong perkembangan teknologi modern di Indonesia. Beliau juga merupakan cikal bakal sosok nasional yang mendorong penciptaan komponen dalam negeri," kata Jonan di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Kamis, 12 September 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Direktur KAI ini mengatakan dirinya mulai mengenai Habibie sejak duduk di bangku sekolah menengah atas. Saat itu Habibie menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi (Menristek). Bahkan Habibie juga pelopor adanya Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).
 
Selain itu Jonan menilai Habibie sebagai sosok yang memiliki semangat tinggi meskipun usianya tidak lagi muda. "Buat saya pelajaran penting kita masih tetap harus semangat meski usia bertambah," jelas Jonan.
 
BJ Habibie tutup usia Rabu kemarin pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. Habibie sudah seminggu dirawat. Dia ditangani puluhan tim dokter. Habibie didampingi anak dan cucu saat menghembuskan napas terakhir.
 
Teknorat kelas dunia yang juga Bapak Dirgantara Indonesia ini akan dimakamkan di sebelah makam istrinya yang tercinta, Hasri Ainun Besari atau Ainun Habibie, di Taman Makam Pahlawan Kalibata.
 
Dijumpai di tempat yang sama Kepala Satuan Kerja Khusus Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto mengenang sosok Habibie sebagai visioner. "Konsisten dengan visinya itu," tutur Dwi.
 
Selain itu, kata dia, Habibie juga menjadi sosok pemersatu bangsa. Hal ini terlihat saat terjadi gejolak politik ketika pilpres lalu, Habibie secara konsisten tetap memegang teguh NKRI.
 
"Beliau orang yang nasionalisnya tinggi mendorong ke arah kedewasaan demokrasi," tegas mantan Direktur Utama Pertamina ini.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif