Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. FOTO: MI/SUSANTO
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. FOTO: MI/SUSANTO

Cegah Korona, Menhub Terapkan Langkah Preventif di Pelabuhan

Ekonomi penerbangan virus korona kementerian perhubungan
Antara • 27 Januari 2020 11:01
Tangerang: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan menerapkan kegiatan pencegahan di pelabuhan-pelabuhan laut selain di bandar udara terhadap penyebaran virus korona. Langkah ini diharapkan menekan semaksimal mungkin penyebaran virus tersebut di Indonesia.
 
'Tentu kita akan lakukan (pencegahan), tapi semua kegiatan kita tidak dilakukan secara egosektoral. Kita akan mengoordinasikan kepada sektor-sektor khususnya Kementerian Kesehatan dan Kementerian Luar Negeri," ujar Menhub, seperti dikutip dari Antara, di Tangerang, Banten, Senin, 27 Januari 2020.
 
Budi Karya menambahkan bahwa dirinya mengapresiasi kantor kesehatan kepelabuhan bandara yang sudah melakukan langkah-langkah yang baik, dalam mengawasi dan memantau pergerakan-pergerakan di bandara.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya pikir kita di satu sisi melakukan suatu kegiatan yang preventif dalam rangka menangkal jangan sampai terjadi perpindahan virus tersebut ke Indonesia," katanya.
 
Sebelumnya wabah virus korona dimulai di Kota Wuhan di Tiongkok, ketika jutaan warga Tiongkok bersiap untuk melakukan perjalanan untuk Tahun Baru Imlek, sehingga mempertinggi risiko penularan.
 
Selain di Tiongkok, kasus orang terkena virus korona baru juga ditemukan di Thailand, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Singapura, Prancis dan sejumlah negara lainnya.
 
Akibatnya maskapai Malindo Air dan AirAsia membatalkan sementara penerbangan rute Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur ke Bandar Udara Internasional Wuhan, Republik Rakyat China hingga pemberitahuan lebih lanjut.
 
Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto melaksanakan pengawasan ketat berkenaan dengan kedatangan orang dan barang dari luar negeri guna mencegah penularan virus korona baru.
 
Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Riskon Fabiansyah mendukung pemeriksaan ketat terhadap anak buah kapal terutama yang datang dari luar negeri untuk mencegah masuknya virus korona ke daerah setempat.
 
Dirinya mengapresiasi langkah Kantor Kesehatan Pelabuhan Klas III Sampit yang meningkatkan kewaspadaan dengan memperketat pemeriksaan penumpang pesawat yang di Bandara Haji Asan Sampit dan anak buah kapal yang masuk ke Sampit.
 
Pencegahan harus dilakukan dengan serius karena virus korona sangat berbahaya. Virus yang telah menyebabkan kematian puluhan orang di Tiongkok tersebut dinilai bisa menular dengan cepat dan mudah.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif