NEWSTICKER
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. FOTO: MI/SUSANTO
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. FOTO: MI/SUSANTO

Menhub Minta Sektor Transportasi Intensif Antisipasi Virus Korona

Ekonomi virus korona transportasi kementerian perhubungan
Antara • 27 Januari 2020 11:05
Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta seluruh pemangku transportasi melakukan sejumlah upaya guna melakukan antisipasi pencegahan masuknya virus korona ke Indonesia. Hal itu dinilai penting sejalan dengan arahan yang diberikan dan juga untuk melindungi masyarakat.
 
"Menindaklanjuti imbauan dari Mensesneg, saya meminta seluruh pemangku kepentingan transportasi khususnya di sektor udara dan laut untuk memerhatikan perkembangan virus korona di Wuhan, Tiongkok, dan melakukan upaya preventif yang lebih intensif," jelas Menhub Budi Karya, seperti dikutip dari Antara, Senin, 27 Januari 2020.
 
Menhub Budi mengungkapkan upaya-upaya yang perlu dilakukan oleh para operator sektor transportasi udara dan laut yaitu melakukan pemantauan dan pemeriksaan penumpang dan kru yang lebih intensif, khususnya dari tujuan asal negeri Tiongkok.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, melakukan koordinasi intensif dengan para pemangku kepentingan khusus Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) setempat, agar petugas di bandara dan pelabuhan internasional yang dilalui penumpang dari tujuan asal negeri Tiongkok diharapkan menggunakan masker.
 
"Tadi malam saya telah meminta Dirjen Hubungan udara, Dirjen Hubungan Laut berkoordinasi dengan AP I, AP II, Pelindo I sampai IV untuk segera melakukan upaya-upaya secara intensif," kata Menhub.
 
PT Angkasa Pura I (Persero) telah melakukan pengetatan pemeriksaan kesehatan penumpang internasional di seluruh bandara yang dikelola untuk mencegah penyebaran virus Korona masuk ke Indonesia. Sebagai pengelola bandara internasional yang menjadi gerbang utama masuknya wisatawan ke Indonesia, AP ( menyadari potensi ancaman virus korona masuk ke Indonesia.
 
"Pengetatan pemeriksaan kesehatan penumpang ini merupakan langkah kami untuk mencegah masuknya virus korona melalui wisatawan yang masuk ke Tanah Air, khususnya dari beberapa negara-negara yang telah terjangkit," ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi.
 
Bali dan Manado merupakan tujuan destinasi wisatawan terbesar asal Tiongkok yang datang melalui bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I. Sepanjang 2019 lalu, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dilewati lebih dari dari 1,19 juta penumpang asal Tiongkok. Sedangkan Bandara Sam Ratulangi Manado dilewati lebih dari 116 ribu penumpang asal Tiongkok.

 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif