Emas Antam. Foto : AFP.
Emas Antam. Foto : AFP.

Awal Pekan, Harga Emas Antam Turun Rp4.000/Gram

Ekonomi harga emas antam
Arif Wicaksono • 16 Desember 2019 10:19
Jakarta: Gerak harga emas milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) pada awal pekan ini terkoreksi. Emas Antam terpengaruh dengan sinyal memudarnya emas sebagai aset safe haven karena sinyal perdamaian perang dagang AS dan Tiongkok terus berlanjut.
 
Mengutip laman Logam Mulia Antam, Senin, 16 Desember 2019, harga emas Antam di Butik Emas LM Gedung Antam di level Rp749 ribu per gram. Harga emas ini turun Rp4.000 per gram dibandingkan perdagangan sebelumnya.
 
Harga pembelian kembali (buyback) emas bergerak ke posisi Rp662 ribu per gram. Adapun harga emas di PT Pos Indonesia mengacu pada harga Butik Emas LM terdekat. Harga emas batangan sudah termasuk PPh 22 di 0,9 persen. Namun harus menyertakan NPWP untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Awal Pekan, Harga Emas Antam Turun Rp4.000/Gram
 
Emas berjangka di Divisi Comex New York Mercantile Exchange naik tipis pada akhir perdagangan Jumat waktu setempat (Sabtu WIB). Kondisi itu terjadi karena logam mulia didukung oleh pelemahan dolar Amerika Serikat (USD) menyusul kemenangan Partai Konservatif Inggris.
 
Mengutip Antara, Sabtu, 14 Desember 2019, kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Februari menambahkan USD8,9 atau 0,6 persen menjadi USD1.481,2 per ons. Indeks USD, yang mengukur USD terhadap enam mata uang utama lainnya, turun 0,23 persen menjadi 97,21 setelah sempat tergelincir ke serendah 96,719.
 
Namun kenaikan emas lebih lanjut tertahan, karena Wall Street mencermati kemajuan terbaru tentang perjanjian ekonomi dan perdagangan fase satu antara Tiongkok dan Amerika Serikat, dengan ketiga indeks utama bergerak naik.
 
Penguatan di pasar ekuitas membuat emas sebagai aset safe haven menjadi kurang menarik, karena investor mengalihkan investasinya ke aset-aset berisiko yang memberikan imbal hasil lebih tinggi seperti saham.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif