Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita. Dok :Medcom/Ilham W.
Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita. Dok :Medcom/Ilham W.

Ini Alasan Mendag Tidak Khawatir dengan Tingginya Impor

Ekonomi kementerian perdagangan
Nia Deviyana • 16 April 2019 19:21
Tangerang Selatan: Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengapresiasi kinerja neraca perdagangan Maret yang kembali mengalami surplus. Kendati demikian, dia mengakui positifnya neraca perdagangan belum bisa dibarengi berkurangnya impor. Namun, Enggar mengatakan tidak perlu khawatir dengan kondisi tersebut karena barang yang diimpor lebih banyak pada bahan baku.
 
"Ini menunjukkan bahwa pertumbuhan industri meningkat, baik secara volume, kapasitas, maupun investasi baru di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Memang akan menyebabkan defisit sesaat, tapi pada akhirnya akan mendorong ekspor," terangnya di ICE BSD, Tangerang Selatan, Selasa, 16 April 2019.
 
Sementara mengenai ekspor yang relatif menurun dibandingkan kuartal sebelumnya, Enggar menyebut ada banyak faktor yang memengaruhi hal tersebut. Salah satunya, pertumbuhan ekonomi dunia yang relatif rendah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan pertumbuhan ekonomi yang rendah, demand menurun, pasarnya semakin sempit, dan timbul persaingan antar negara. Jadi tergantung kualitas barang dan bea masuknya," papar Enggar.
 
Adanya perjanjian dagang bisa menguntungkan negara dalam mengatasi kondisi ini. Dia mengakui Indonesia relatif terlambat dalam melakukan perjanjian dagang dengan negara lain.
 
"Kita baru membuka (IE-CEPA) setelah delapan tahun. Tapi ini terus kita dorong perjanjian dagang lainnya. Kalau tidak akan ketinggalan di pasar yang semakin sempit," imbuh dia.
 
Badan Pusat Statistik (BPS) merilis neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus sebesar USD540 juta pada Maret 2019. Surplus disebabkan ekspor yang tercatat sebesar USD14,03 miliar, sedangkan impornya sebesar USD13,49 miliar.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif