Ilustrasi (MI/RAMDANI)
Ilustrasi (MI/RAMDANI)

DPRD Malut Dukung Rencana Pelindo Datangkan Kapal Ekspor

Ekonomi ekspor ekonomi daerah
02 Januari 2019 12:03
Ternate: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Maluku Utara (Malut) mendukung rencana PT Pelindo cabang Ternate untuk mendatangkan kapal ekspor di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate. Dukungan itu diberikan karena kedatangan kapal tersebut akan memudahkan kegiatan ekspor langsung dari provinsi itu.

"Kami berharap rencana PT Pelindo cabang Ternate untuk mendatangkan kapal ekspor itu dapat segera direalisasi agar komoditas dari Malut tidak lagi diekspor melalui daerah lain,"kata Anggota Komisi III DPRD Malut Irfan Umasugi, seperti dikutip dari Antara, di Ternate, Malut, Rabu, 2 Januari 2019.

PT Pelindo cabang Ternate berencana mendatangkan kapal ekspor di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, karena pelabuhan utama di Malut itu telah memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung kegiatan ekspor.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Menurut dia Malut memiliki banyak komoditas yang diminati pasar ekspor, terutama hasil perikanan dan perkebunan, seperti kopra, pala, dan cengkih, tetapi selama ini ekspornya selalu dilakukan melalui provinsi lain. Akibatnya Malut tidak dapat menikmati nilai tambah dari ekspor komoditas itu. Bahkan, kata dia, selama ini Malut selalu dirugikan, terutama dari segi harga yang selalu diatur oleh pengusaha daerah lain.

Ia mencontohkan harga biji pala di Malut paling tinggi Rp60.000 per kg, sementara para pengusaha di Jawa yang membeli dari pala Malut saat mengekspornya memasang harga yang jauh lebih mahal.

"Tetapi kalau semua komoditas dari Malut tersebut diekspor langsung dari Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, hal seperti itu diharapkan tidak terjadi lagi, apalagi kalau pengusaha yang mengekspornya adalah pengusaha di Malut," pungkasnya.


(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi