Ilustrasi. FOTO: Medcom.id.
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id.

Memanfaatkan Teknologi Digital di Era Milenial

Ekonomi belanja online tips keuangan
Ade Hapsari Lestarini • 04 November 2019 12:51
Jakarta: Teknologi digital telah mengubah kehidupan di era milenial. Masuknya teknologi digital ke setiap inci kehidupan manusia membuat hal yang dulunya dirasa hanya khayalan, kini menjadi kenyataan. Salah satu hal yang dulunya dianggap tidak mungkin adalah proses pembelian barang di mana pun dan dari mana pun.
 
Zaman dahulu, masih banyak orang yang membayangkan betapa enaknya jika bisa mendapatkan barang impian dari belahan dunia lain tanpa pergi ke tempat asal barang tersebut. Sekarang, impian tersebut sudah tercapai dengan banyaknya proses belanja online. Naiknya pembelian barang secara online ini sebenarnya mulai dirasakan sejak 2016. Di tahun itu, keberadaan internet mulai merambah ke berbagai pelosok daerah dan beragam jenis alat digital.
 
SEO Blibli Pandu Furwani mengatakan proses belanja atau proses jual beli adalah proses yang melibatkan keberadaan penjual dan pembeli. Seseorang yang ingin mencari barang tertentu umumnya mencari keberadaan penjual yang menjajakan barang yang diinginkannya. Sehingga, terkadang pembeli rela untuk pergi ke mana pun demi mendapatkan barang dengan model dan harga yang diinginkan. Zaman dahulu, proses jual beli ini memang membutuhkan tatap muka. Hal itu disebabkan pembeli yang kurang puas bila belum menyentuh dan melihat sendiri barang yang diinginkannya. Akan tetapi, hal itu tidak lagi dibutuhkan karena naiknya popularitas kegiatan belanja online.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di era milenial ini, orang-orang cenderung menyukai kepraktisan. Tidak jarang pula, orang tidak memiliki waktu untuk mengunjungi penjual yang menjajakan barang yang diinginkannya. Maka dari itulah, banyak orang yang mulai beralih ke dalam kegiatan belanja online. Tren belanja online ini dimulai secara massal oleh generasi muda di seluruh dunia," jelasnya.
 
Hal itu karena generasi muda memang umumnya ingin segala hal yang lebih praktis serta instan. Di awal kemunculan proses belanja online, banyak orang yang meragukannya karena ketidakpercayaan mereka terhadap penjual. Akan tetapi, situs yang berperan sebagai toko online yang bisa dipercaya sudah menjamur di Indonesia. Para pembeli biasanya bisa langsung memilih toko yang cocok untuknya. Lalu apa saja keunggulan berbelanja online?

Nyaman

Kenyamanan pertama ketika berbelanja di toko online Anda tidak perlu ke luar rumah. Jika ke luar rumah, tentu banyak persiapan dan biaya yang perlu dipersiapkan. Selain itu, ketika berbelanja di toko online, Anda akan merasakan kenyamanan lebih karena tidak ada pelayan toko yang terkadang mengikuti. Selain itu Anda bebas memilih barang yang diinginkan tanpa sungkan atau malu dengan jumlah dan jenis barang yang dibeli. Dengan sekali klik, Anda cukup menunggu pengirim paket dari barang Anda sampai di kediaman Anda.

Berbelanja Seharian

Umumnya toko 24 jam hanya tersedia di kota besar dan itu pun tidak semua toko buka selama 24 jam dalam seminggu. Maka dari itu, ketika Anda berbelanja di toko offline, seringkali perlu meluangkan waktu khusus ketika toko tersebut buka. Tidak jarang seseorang harus cuti bekerja untuk mendapatkan barang yang diinginkan di toko offline. Namun di era digitalisasi ini, Anda bisa berbelanja di mana pun dan kapan pun waktunya. Bahkan, tengah malam sekali pun Anda tetap bisa berbelanja.

Aktivitas Window Shopping Lebih Maksimal

Window shopping adalah salah satu istilah yang banyak digunakan oleh penikmat kegiatan belanja, khususnya wanita. Kaum wanita adalah kaum yang cenderung menyukai membeli barang baru. Oleh karena itulah, tidak jarang wanita menggelontorkan dana setiap bulannya untuk melakukan kegiatan satu ini. Akan tetapi, untuk mendapatkan barang yang diinginkan dalam jumlah banyak, wanita umumnya juga memiliki perhitungan bujet tersendiri. Untuk bisa menghemat uang tetapi masih bisa menikmati keberadaan barang baru, akhirnya muncullah istilah window shopping.
 
Kegiatan ini melibatkan aktivitas melihat barang baru di toko. Biasanya, ada yang melakukan window shopping ini untuk mengecek harga atau sekadar membayangkan ketika bisa membeli barang tersebut. Ketika melakukan window shopping di toko offline, kemungkinan besar Anda akan menghabiskan waktu, biaya, dan tenaga. Akan tetapi, dengan adanya toko online, Anda tidak perlu menghabiskan biaya dan tenaga untuk menuju dan memutari setiap etalase toko. Bahkan Anda bisa mengecek harga sekaligus barang baru yang diluncurkan hanya dengan menuju langsung ke situsnya.

Stok Tanpa Batas

Banyak yang menyebutkan toko online adalah toko serba ada karena menyediakan hampir semua jenis barang dan memiliki stok yang tidak terbatas. Banyak orang beralih menuju ke belanja online karena faktor satu ini. Ketika belanja di toko online, mungkin Anda tetap memerlukan waktu untuk memerlukan benda yang Anda cari dengan bujet yang diinginkan. Di situs penyedia layanan belanja online umumnya menyediakan banyak toko sejenis yang menjual barang dengan beragam pilihan harga. Jadi, Anda juga bisa memperkirakan bujet yang Anda perkirakan dan mencocokkannya dengan harga yang ada. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh barang yang sesuai atau mendekati bujet yang sudah Anda siapkan.

Banjir Obral dan Diskon

Jika Anda memiliki hobi berbelanja, tentu perlu mengatur keuangan dengan baik supaya tidak "kecolongan" di akhir bulan. Agar keuangan tertata dengan baik dan Anda bisa tetap menabung meskipun berbelanja banyak, obral dan diskon pasti hal yang didambakan. Tidak sedikit orang yang gelap mata untuk membeli barang dalam jumlah banyak ketika ada kata obral dan diskon. Hal itu karena, membeli barang ketika diskon dan obral tiba akan membuat Anda bisa mendapatkan barang dalam jumlah banyak sekaligus dan tentunya dengan harga yang tidak membuat kantong kering.
 
Beruntunglah Anda yang sudah mengenal sistem belanja online. Di dalam situs penyedia toko online, umumnya banyak tersedia diskon dan promo khusus. Diskon dan promo khusus ini tidak mengenal musim. Jadi, tidak hanya ketika Lebaran atau hari besar saja. Anda bisa mendapatkan diskon khusus setiap saat dan setiap waktu. Anda akan bisa mendapatkan barang dengan harga termurah ketika ada situs belanja online yang menyediakan promo tersebut.

Variasi Harga dan Barang yang Tidak Mengenal Batas

Setiap produk, mulai dari kebutuhan sehari-hari, otomotif, barang elektronik, dan lainnya umumnya diluncurkan dalam beragam variasi dan harganya. Akan tetapi, kenyataan di lapangan, terkadang barang yang diluncurkan oleh perusahaan tersebut tidak semuanya mudah ditemukan. Bahkan, di kota besar sekali pun Anda terkadang perlu untuk mendatangi toko khusus yang menyediakan barang yang diinginkan. Nah, kepraktisan di toko online juga meliputi hal satu ini.
 
Di toko online, Anda akan bisa lebih mudah menemukan beragam jenis barang yang dibutuhkan. Bahkan, barang yang dianggap "gaib" pun bisa ditemukan. Situs belanja online umumnya menyediakan produk dari beberapa toko sehingga Anda bisa membandingkan kelengkapan jenis barang yang dimiliki oleh masing-masing toko dan juga harga dari barang yang diinginkan. Maka dari itu, Anda tidak perlu khawatir kalau tidak akan mendapatkan barang yang Anda inginkan karena varian dan harga barang di toko online memang terhitung sangat lengkap.

Transparan

Ketika membicarakan tentang situs belanja online, hal yang banyak berkaitan tentu kepercayaan konsumen terhadap produsen atau jenis barang yang dibelinya. Tidak jarang orang ragu untuk berbelanja online karena ragu dengan toko atau pun dengan kualitas barang yang akan dibelinya. Maka dari itulah, toko online menyediakan bagian ulasan pelanggan.
 
Ulasan pelanggan adalah bagian penilaian secara jujur dari pelanggan yang sudah membeli atau merasakan barang dari sebuah toko secara langsung. Ulasan dari konsumen ini umumnya memengaruhi keberlangsungan toko tersebut. Maka dari itu, Anda bisa melihat bagian ulasan ini sebagai pertimbangan pertama mengenai kualitas dari barang maupun toko yang Anda pilih. Pastikan toko tersebut memiliki ulasan baik dan terpercaya sebelum memutuskan untuk membeli.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif