Ilustrasi -- REUTERS/Brendan McDermid
Ilustrasi -- REUTERS/Brendan McDermid

Seni Memilih Nama Produk dan Perusahaan (2)

Ekonomi marketing
Anshar Dwi Wibowo • 19 Juli 2014 10:15
medcom.id, Jakarta: Memutar balik waktu ke belakang, Research in Motion (RIM) ternyata juga berkonsultasi di Lexicon.
 
Pada 1998, perusahaan kecil asal Kanada itu sedang mencari nama untuk telepon seluler berteknologi tinggi yang bisa mengirim email. Sebuah firma dari Ontario pernah mengusulkan nama antara MegaMail and ProMail.
 
Namun, Placek dan timnya mempunyai ide berbeda. Beberapa mengatakan "strawberry" untuk menyampaikan kenikmatan dan kesegaran. Beberapa lainnya mengusulkan "blackberry".

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pejabat eksekutif dari RIM memilih yang terakhir dan mengikuti saran Placek dengan menambahkan dua huruf besar dan menyebut nama perangkat mereka "BlackBerry".
 
RIM sendiri sudah menjual 33 juta unit BlackBerry dengan berbagai cara. Diluar pengambilalihan pasar dalam beberapa waktu terakhir oleh iPhone dari Apple dan ponsel berbasis sistem operasi Android.
 
Ledakan Merek Dagang
 
Saat ini, Placek mengaku sulit untuk mencetuskan nama produk untuk perusahaan or company. Ketika didirikan 32 tahun lalu, Lexicon hanya memiliki lima pekerja dan beberapa pekerja lepas.
 
Saat itu ada sekitar 15 ribu merek dagang dan hak paten yang berhubungan dengan perusahan-perusahaan teknologi Amerika Serikat. Sekarang sudah hampir 700 ribu sedangkan jumlah tenaga kerja di perusahaannya berkembang menjadi lebih dari 20 orang.
 
Dengan peningkatan globalisasi bisnis, perusahaan harus menggunakan jasa ahli linguistik di seluruh dunia untuk memastikan bahwa nama baru yang disarankan untuk produk atau perusahaan tidak menyebabkan kecerobohan di negara yang berbeda.
 
Placek telah menginvestasikan US$500 ribu untuk meneliti seberapa baik setiap huruf alfabet dalam nama merek. Dia mengatakan, "Z" adalah salah satu yang beresonansi dengan baik dengan konsumen. (BBC news)
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif