Seorang wanita melintas di dekat logo Bank Indonesia (MI/PANCA SYURKANI)
Seorang wanita melintas di dekat logo Bank Indonesia (MI/PANCA SYURKANI)

BI Catat Inflasi Maluku Turun di Januari 2019

Ekonomi inflasi bank indonesia ekonomi daerah
07 Februari 2019 08:35
Ambon: Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku mencatat inflasi di provinsi ini pada Januari menurun dan berada pada sasaran inflasi. Inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) Provinsi Maluku pada Januari 2019 tercatat 0,35 persen (month to month/mtm) atau sebesar 3,11 persen (year on year/yoy).
 
"Berada pada sasaran target Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Maluku sebesar 3,5 persen kurang lebih satu persen (yoy)," kata Kepala Tim Advisory dan pengembangan Ekonomi (TAPE) Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Andy Setyo Biwado, seperti dikutip dari Antara, di Ambon, Kamis, 7 Februari 2019.
 
"Inflasi Maluku Januari 2019 tersebut lebih rendah dibandingkan dengan inflasi pada Desember 2018 yang sebesar 1,14 persen (mtm) atau 3,35 persen (yoy)," tambahnya. Menurunnya inflasi Maluku pada Januari 2019 disebabkan oleh menurunnya tekanan inflasi kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan inflasi pada kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan pada Januari 2019 sebesar 0,51 persen (mtm), lebih rendah dibandingkan dengan Desember 2018 yang sebesar 4,73 persen (mtm).
 
Inflasi kelompok ini utamanya masih disebabkan oleh komoditas angkutan udara dan beberapa rute penerbangan yang tidak lagi beroperasi serta berkurangnya frekuernsi penerbangan dari beberapa maskapai. Hal ini menjadi penyebab harga tiket angkutan udara masih relatif tinggi meskipun telah terjadi penurunan.
 
"Turunnya inflasi kelompok bahan makanan pada Januari 2019 turut memberikan andil terhadap turunnya inflasi Maluku," ujarnya. Inflasi kelompok bahan makanan, lanjutnya, pada Januari 2019 sebesar 0,29 persen (mtm), lebih rendah daripada Desember 2018 yang sebesar 1,43 persen (mtm).
 
Turunnya inflasi kelompok bahan makanan utamanya disebabkan oleh turunnya inflasi pada sub kelompok sayur-sayuran, terutama komoditas kacang panjang dan buncis yang merupakan sayuran yang diproduksi oleh petani lokal di Maluku.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif