Ilustrasi (MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE)
Ilustrasi (MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE)

Sektor Pertanian Harus Diutamakan untuk Bangun Daerah

Ekonomi pertanian pertumbuhan ekonomi ekonomi indonesia
17 Oktober 2018 14:03
Kupang: Pengamat Pertanian Zet Magelang menilai sektor pertanian harus lebih diutamakan dibandingkan dengan sektor pariwisata jika ingin membangun sebuah daerah. Adapun pembangunan seluruh daerah di Indonesia menjadi penting agar pertumbuhan ekonomi tidak hanya bergantung di Pulau Jawa semata.
 
"Untuk membangun sebuah daerah, sektor pertanian atau pangan harus diutamakan terlebih dahulu baru kemudian sektor yang lain," kata Zet, seperti dikutip dari Antara, di Kupang, Rabu, 17 Oktober 2018.
 
Hal ini disampaikannya berkaitan dengan program kerja dari Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat yang bercita-cita menjadikan sektor pariwisata sebagai sumber devisa utama bagi perekonomian daerah itu.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia sektor pariwisata muncul atau berkembang dari sektor-sektor lain seperti sektor kelautan dan perikanan, serta sektor peternakan. "Menurut saya sektor pariwisata itu tidak perlu diberikan perhatian khusus karena sektor itu bisa terjual dengan sendiri jika dijaga dengan baik," ujarnya.
 
Jika berbicara soal tenun, ia memberikan contoh, segala hal yang berkaitan dengan tenun berasal dari hasil-hasil pertanian, mulai dari benang kayu pemintal, dan lainnya. Demikian juga dengan sektor kelautan dan perikanan yang selama ini memberikan andil bagi pemasukan pariwisata di NTT, kemudian juga dengan sektor peternakan yang digunakan untuk berwisata.
 
"Kalau sektor peternakan tidak diperhatikan dengan baik, misalnya, memerhatikan cara merawat hewan dengan baik, apakah wisatawan mau menyaksikan parade kuda, misalnya, dengan tubuh kuda yang kecil dan kurus. Intinya tak perlu menjual sektor pariwisata karena nanti juga akan terjual dengan sendirinya melalui media sosial dan lain-lain," pungkasnya.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif