Ilustrasi pertanian (Foto:Antara)
Ilustrasi pertanian (Foto:Antara)

Komisi IV Sebut Banyak Sektor Pertanian yang Harus Dibenahi

Ekonomi berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 15 Mei 2019 16:05
Jakarta: Komisi IV DPR dan Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan berbagai upaya untuk membenahi sektor pertanian Indonesia. Berbagai capaian sudah diperoleh dari kolaborasi tersebut.
 
Ketua Komisi IV DPR Edhy Prabowo mengatakan, selama ini pihaknya bersama Kementan fokus memperbaiki komoditas pangan. Langkah tersebut sebagai upaya mewujudkan swasembada pangan.
 
"Sebagian besar kita masih fokus bagaimana penyediaan pangan nasional agar bisa berdaulat tanpa harus bergantung impor. Ini upaya yang kita lakukan," kata Edhy, di ruang rapat Komisi IV DPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu, 15 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meskipun begitu, politikus Gerindra itu menyebutkan masih banyak pekerjaan yang harus dibenahi. Salah satunya, memperbaiki sektor perkebunan.
 
"Di mana pengendalian harga komoditas perkebunan yang belum bisa terkontrol dengan baik, tidak ada aturanya. Kadang-kadang rakyat selalu menjadi korban," katanya.
 
Edhy mencontohkan permasalahan harga karet dan sawit. Harga dua komoditas unggulan perkebunan Indonesia itu masih belum memuaskan.
 
"Saat-saat tertentu harga bagus, namun saat-saat tertentu lain dan paling lama tidak berubah, bahkan cenderung tertekan," ujar Edhy.
 
Selain sektor perkebunan, permasalahan lain yang tengah dihadapi yaitu semakin berkurangnya jumlah lahan pertanian. Edhy pun meminta agar permasalahan ini disikapi serius.
 
"Ini yang harus terus kita dorong dan saya pikir Kementan bisa bekerja sama dengan kita. Mau mendengar dan saling melengkapi," katanya.
 

(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif