Ilustrasi (MI/ANGGA YUNIAR)
Ilustrasi (MI/ANGGA YUNIAR)

BRI Bidik Laba Tumbuh 12% di 2019

Ekonomi bri
Annisa ayu artanti • 31 Januari 2019 08:20
Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) atau BRI menargetkan laba tahun ini dapat meningkat 10 sampai 12 persen dari capaian laba 2018 sebesar Rp32,4 triliun. Pertumbuhan laba tersebut tentunya dengan diiringi mitigasi risiko yang lebih baik lagi.
 
"Target Laba tahun ini hampir sama di tahun lalu (pertumbuhannya) antara 10 sampai 12 persen pertumbuhannya. Kalau sekarang (laba di 2018 mencapai) Rp32,4 triliun barang kali kalau 10 persen kita akan menjadi kurang Rp36-37 triliun," sebut Direktur Utama BRI Suprajarto, di Jakarta, Rabu, 30 Januari 2019.
 
Selain itu, Suprajarto meyakini kredit macet atau Non Performing Loan (NPL) di 2019 lebih rendah dibandingkan dengan di 2018 yang sebesar 2,27 persen. BRI mempunyai strategi untuk menekan NPL agar di bawah dua persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita berupaya memang kalau bisa di bawah dua persen. Kita sudah berupaya ada beberapa pipeline dan milestome mudah-mudahan semester satu semua bisa terselesaikan dengan baik," ungkap dia.
 
Direktur Keuangan BRI Haru Koesmahargyo menambahkan, melalui upaya efisiensi, BRI memproyeksikan margin bunga bersih atau Net Interest Margin (NIM) BRI sebesar 7,2 persen. NIM ini terus turun dibandingkan dengan di 2017 di level 7,78 persen dan 2018 di level 7,3 persen.
 
"Kira-kira tahun ini, secara natural akan turun seiring dengan efisiensi perbankan tapi bukan berarti pertumbuhan perbankan akan melambat tapi kita akan memperoleh pendapatan non bunga dan efisiensi," jelas Heru.
 
Sedangkan untuk Loan to Deposit Ratio atau LDR tahun ini BRI berupaya menjaga di level 90 persen. Langkah itu dengan harapan menjaga kesehatan penyaluran kredit dan kecukupan dana untuk disalurkan dalam bentuk kredit. "Kalau dibilang di batas antara 88 sampai 92 persen yang kami angap LDR itu ideal," pungkas Heru.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif