Illustrasi. Dok : AFP.
Illustrasi. Dok : AFP.

SDM Indonesia Kalah Jago dengan Vietnam

Ekonomi asean Kualitas SDM
Achmad Zulfikar Fazli • 31 Januari 2019 20:22
Tokyo: Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dinilai masih tertinggal dari Vietnam. Hal itu juga yang membuat Vietnam mampu menyaingi Indonesia dalam menarik investor dari Jepang.
 
"Kalau Infrastruktur kita menang, tapi kualitas SDM kita kalah," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tokyo, Puji Atmoko di Condrad Tokyo, Jepang, Kamis, 31 Januari 2019.
 
Berdasarkan survei dari The Japan Bank for International Cooperation (JBIC), per November 2017, Indonesia menempati urutan ketiga sebagai negara tujuan investasi Jepang. Saingan terdekat dari negara di ASEAN yakni Vietnam diurutan ke empat dan Thailand ke lima.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Puji menyampaikan Vietnam selama ini memang menjadi saingan berat bagi Indonesia di bidang investasi manufaktur dari Jepang. Vietnam, kata dia, diminati investor Jepang karena memiliki SDM yang mau dibayar murah, tapi berkualitas.
 
Dia berharap Indonesia juga bisa meningkatkan kualitas SDM. Sehingga, ke depannya bisa meningkatkan investasi yang datang dari negara lain. "Sumber daya manusia itu sangat esensial sekali," ucap dia.
 
Fokus Membangun SDM
 
Pemerintah akan mengalihkan fokus dari semula pembangunan infrastruktur, menjadi pembangunan SDM. Hal itu mulai dilakukan pada 2019 ini.
 
Presiden Joko Widodo menegaskan SDM Indonesia harus mampu menghadapi dan memanfaatkan peluang dari perubahan dunia. Mereka juga harus mampu mengikuti perkembangan teknologi yang berubah begitu cepat.
 
"Seperti yang sudah saya sampaikan baik dalam rapat terbatas, maupun rapat paripurna bahwa di 2019 kita akan melakukan pergeseran strategi untuk masuk ke program pembangunan SDM," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 5 Desember 2018 lalu.
 
Dia pun meminta kepada jajaran di Kabinet Kerja untuk melakukan rencana kerja dan memasukkan program kerja yang terkait dengan pengembangan SDM. Misalnya, sertifikasi pekerja di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif