Ilustrasi. MI/ROMMY PUJIANTO
Ilustrasi. MI/ROMMY PUJIANTO

Timur Tengah dan Tiongkok Bisa Jadi Tujuan Ekspor UMKM

Ekonomi pertumbuhan ekonomi ekspor ekonomi indonesia
Eko Nordiansyah • 09 November 2019 11:37
Surabaya: Bank Indonesia (BI) menyebut produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) punya potensi untuk memperluas pasar ekspor ke luar negeri. Saat ini sejumlah produk UMKM baru masuk ke pasar Singapura dan Malaysia, dan tengah menjajaki pasar Jepang, Timur Tengah, sampai dengan Tiongkok.
 
Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur Difi A Johansyah mengatakan potensi pasar di Timur Tengah sangat besar bagi UMKM di Indonesia, khususnya Jawa Timur, salah satunya adalah catering perjalanan umrah. Pasar Timur Tengah bisa menjadi pasar-pasar baru di luar pasar tradisional.
 
"Insyaallah nanti ada action plan untuk memfasilitasi, karena pasarnya besar di sana. Contoh perjalanan umrah, itu kateringnya bisa dari lokal, itu kebutuhannya besar," kata Difi di FESyar, Grand City Convex Hall, Surabaya, Jumat, 8 November 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, pasar Tiongkok dinilai potensial karena jumlah penduduknya yang cukup besar. Bahkan penduduk Indonesia yang ada di Negara Tirai Bambu tersebut juga terbilang banyak, sehingga target ekspor tidak melulu orang-orang dari negara lain.
 
"Tahun depan kita juga akan membuka akses ke Tiongkok, kita sudah dapat tawaran dari perwakilan BI Beijing untuk mendatangkan buyer ke sini. Itu akan mereplikasi pola yang sudah dilakukan BI Singapura yang aktif mendatangkan buyer ke sini," jelasnya.
 
Selain menyiapkan pasar baru di luar negeri, bank sentral juga akan fokus untuk menyiapkan kesiapan UMKM sendiri. Pasalnya untuk memasarkan produk ke luar negeri ada standarisasi yang diterapkan dan harus sesuai dengan selera pasar yang ada di negara tersebut.
 
"Tentunya kalau mau datangkan buyer kita juga harus menyiapkan UMKM-nya, standarisasi dan segala macamnya. Itu menjadi program kita tahun depan disamping yang Timur Tengah tadi," pungkas dia.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif