Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo saat berbicara di Indonesia Fintech Forum 2019. FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu.
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo saat berbicara di Indonesia Fintech Forum 2019. FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu.

60 Juta UMKM Siap Dobrak Inklusi Keuangan

Ekonomi umkm inklusi keuangan fintech ecommerce
Annisa ayu artanti • 04 September 2019 12:16
Jakarta: Sebanyak 60 juta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diyakini dapat mendobrak pertumbuhan inklusi keuangan Indonesia yang saat ini baru mencapai 51 persen.
 
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyomengatakan UMKM tersebut akan didorong masuk ke dalam ekosistem ekonomi digital seperti e-commerce dan financial technology (fintech). Dengan begitu para pelaku UMKM itu akan lebih mudah menjamah dunia perbankan.
 
"Sisanya didobrak dan dikembangkan ekonomi keuangan digital, ada 60 juta UMKM yang belum tersentuh perbankan bisa didobrak melalui e-commerce dan fintech," kata Perry dalam acara Indonesia Fintech Forum 2019, di Gedung Dhanapala, Jakarta, Rabu, 4 September 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam mendorong UMKM masuk ke ekosistem ekonomi digital, Perry mengatakan tidak hanya untuk meningkatkan inklusi keuangan. Melainkan untuk membuka peluang UMKM memperluas pasar mereka.
 
"Sehingga mereka bisa mengambangkan peluang penetrasi," sebut dia.
 
Untuk tahun ini Perry menargetkan inklusi keuangan bisa mencapai di atas 60 persen. Pendorong pertumbuhan inklusi keuangan di antaranya adalah tambahan penyaluran bantuan sosial, Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 10 juta, dan Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) sebanyak 15,9 juta.
 
"Dengan tambah-tambahan ini Insyaallah tahun ini dan tahun depan inklusi keuangan bisa naik di atas 60 persen," jelas dia.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif