Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri ATR Sofyan Djalil. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri ATR Sofyan Djalil. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.

Pemerintah Sempurnakan Data Luas Baku Sawah

Ekonomi pertanian kementerian pertanian
Kautsar Widya Prabowo • 31 Oktober 2019 12:56
Jakarta: Pemerintah akan mengeluarkan data terbaru luas baku sawah pada Desember 2019. Terdapat kekurangan dalam data luas baku sawah yang dikeluarkan pada penghujung 2018.
 
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan saat ini masih terdapat beberapa data yang perlu disempurnakan bersama lima institusi terkait seperti Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Informasi Geospasial (BIG), Kementerian Agraria dan Tata Ruang, BPPT, dan Lapan.
 
"Metodologi sudah sama, jadi besok per satu Desember sesuai dengan perintah Menteri ATR (Sofyan Djalil) kita sudah bisa umumkan dan beliau (Sofyan) tanda tangan," kata Syahrul di Kementerian ATR, Jakarta Selatan, Kamis, 31 Oktober 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kementerian Pertanian tak memiliki data lengkap terkait luas baku sawah. Ia menyebut data yang diteken Menteri ATR Sofyan Djalil akan menjadi acuan bagi seluruh pihak yang membutuhkan data luas baku sawah.
 
"Klarifikasinya harus dilakukan bersama dan itu harus kita sepakati. Insyaallah republik ini punya satu data tentang pertanian," tuturnya.
 
Luas baku sawah sebagaimana ditetapkan dalam Ketetapan Menteri ATR/BPN Nomor 339 Tahun 2018 mencapai 7,1 juta hektare (ha). Keputusan ini dirilis pada 8 Oktober 2018. Luasan tersebut turun dibandingkan luas lahan baku sawah yang ditetapkan pada 2013, yaitu 7,75 juta ha, dan lebih rendah dibandingkan luas sawah milik Kementan, 8,1 juta ha.
 

(DRI)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif