Bentoel Group menyelenggarakan pelatihan pemasaran digital kepada pelaku UMKM di Kota Malang. Foto: dok Bentoel Group.
Bentoel Group menyelenggarakan pelatihan pemasaran digital kepada pelaku UMKM di Kota Malang. Foto: dok Bentoel Group.

Bentoel Group Dukung Pemasaran Digital Produk UMKM

Ekonomi umkm
Husen Miftahudin • 14 Desember 2019 15:23
Jakarta: British American Tobacco Indonesia (Bentoel Group) berkomitmen mendukung pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan menyelenggarakan pelatihan pemasaran digital danpameran produk UMKM di Kota Malang. Kegiatan tersebut dimulai sejak 5 November hingga 15Desember 2019.
 
"Serangkaian kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkuat daya saing UMKM di Kota Malang, serta mendukung visi Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia," kata Legal and External Affairs Director Bentoel Group Mercy Francisca Hutahaean dalam keterangan tertulis, Sabtu, 14 Desember 2019.
 
Pelatihan pemasaran digital diikuti 50 pelaku UMKM dari 21 kelurahan di Kota Malang. Pelatihan tersebut diselenggarakan secara intensif dengan total 35 jam pelatihan dalam dua pekan, dan menghadirkan enam pembicara dari berbagai bidang keahlian.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para peserta pelatihan memperoleh berbagai materi seperti pengenalan media pemasaran berbasis daring(online platform), pengetahuan tentang marketplace di Indonesia, strategi pemasaran digital, pengemasan produk (packaging), pembuatan foto dan video produk,
serta product branding. Terdapat lebih dari 100 varian produk makanan dan minuman yang dibawa oleh peserta selama masa pelatihan.
 
"Kegiatan pelatihan pemasaran digital ini merupakan wujud komitmen Bentoel Group dalam membantu upaya pemerintah untuk memajukan UMKM sebagai salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia. Melalui pelatihan pemasaran digital ini, perusahaan memberikan bekal dan kesempatan bagi para pelaku UMKM di Kota Malang untuk dapat bersaing di pasar yang lebih luas melalui media online," ungkap Mercy.
 
Kegiatan pelatihan pemasaran digital tersebut kemudian diikuti oleh Pameran UMKM yang
diselenggarakan pada 14-15 Desember 2019 di Gedung Kartini, Kota Malang. Pameran yang mengusung tema 'Malang Nom Nom Festival' ini terbuka untuk masyarakat umum.
 
"Melalui kegiatan pameran ini, kami berharap agar produk-produk lokal dari UMKM di Kota Malang dapat semakin dikenal. Pameran ini memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk memperkenalkanproduknya secara langsung kepada konsumen dan memperkuat brand mereka," tutur dia.
 
Menurut Mercy, kegiatan pelatihan pemasaran digital dan pameran UMKM ini merupakan bagian daritanggung jawab sosial perusahaan untuk membantu memberdayakan dan meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.
 
"Bentoel Group berharap agar kegiatan ini menjadi pemacu semangat dan motivasi para pelaku UMKM di Kota Malang untuk meningkatkan daya saing dan produktivitasnya sehingga mampu bersaing di tinggal nasional dan global. Dengan digitalisasi UMKM, kamijuga berharap dapat membantu mewujudkan visi ekonomi Indonesia tahun 2020 untukmenjadi Digital Energy of Asia," tutup Mercy.
 

(HUS)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif