Cara Menkeu Komunikasikan Uang Rakyat di Era Digital

Eko Nordiansyah 05 Desember 2018 12:19 WIB
ekonomi digital
Cara Menkeu Komunikasikan Uang Rakyat di Era Digital
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: MI/Panca Syurkani)
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menceritakan komunikasi yang dilakukannya di era digital seperti sekarang ini sudah berbeda dengan beberapa tahun lalu. Saat ini, menurut dia, komunikasi melalui media sosial akan lebih memudahkan dan lebih efektif.

Salah satu yang perlu dikomunikasikan Kementerian Keuangan dengan masyarakat adalah mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Pasalnya APBN sebagai uang rakyat, maka masyarakat berhak tahu kemana uang itu digunakan.

"APBN itu uang kita, masyarakat itu perlu tahu. Ini bagian dari Undang-Undang Dasar, komunikasi itu dimandatkan, ini bagian dari akuntabilitas (APBN)," kata dia dalam diskusi di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu, 5 Desember 2018.

Dirinya menambahkan, reformasi komunikasi tidak hanya dijalankan oleh kementeriannya saja, melainkan hingga ke direktur jenderal yang ada di bawahnya. Bahkan Sri Mulyani juga ikut menggunakan sosial media agar bisa berkomunikasi dengan masyarakat.

"Saya ubah Biro Komunikasi Kemenkeu dan saya mulai pakai sosmed, itu paling efektif. Kita punya Kemenkeu RI, Ditjen Pajak dan sebagainya. Sri Mulyani juga sebagai individu dikenal, institusi dan saya sebagai menterinya me-reenforce ini," jelas dia.

Mantan Direktur Pelaksana Bak Dunia ini menjelaskan penggunaan sosial media sebagai wadah komunikasi juga perlu dilakukan dengan cara kreatif sehingga mudah dipahami. Di sisi lain, sosial media juga harus menjadi media yang menyampaikan informasi secara benar.

"Bagaimana itu jadi karakter Twitter, bagaimana di Instagram. Dan kita berkompetisi dengan pihak-pihak yang ingin masyarakat mendapatkan informasi yang tidak benar, jadi kita perlu sampaikan konten secara kreatif," pungkasnya.

 



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id