Anggota kepolisian salah satu penerima asuransi asabri. Foto :  Medcom/Yurika Budiman.
Anggota kepolisian salah satu penerima asuransi asabri. Foto : Medcom/Yurika Budiman.

ASABRI Klaim Kinerja Bisnis Berjalan Normal

Ekonomi ASABRI
Annisa ayu artanti • 13 Januari 2020 18:12
Jakarta: PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero) atau ASABRI menampik ada permasalahan keuangan ditubuh perseroan. Direktur Utama ASABRI Letnan Jenderal (Purnawirawan) Sonny Widjaja mengatakan kegiatan operasional ASABRI sejauh ini baik. ASABRI dapat memenuhi semua pengajuan klaim tepat pada waktunya.
 
"Kegiatan operasional ASABRI terutama proses penerimaan premi, proses pelayanan, dan proses pembayaran klaim berjalan dengan normal dan baik," kata Sonny dalam keterangan tertulisnya, Senin, 13 Januari 2020.
 
Dalam laporan keuangan yang terakhir dipublikasikan perusahaan yakni tahun buku 2017, perusahaan asuransi pelat merah ini mencatat kewajiban sebesar Rp43,61 triliun atau meningkat 20 persen secara year on year (yoy). Pada tahun tersebut premi yang diterima perusahaan tidak sebanding dengan klaim yang harus dibayarkan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Klaim yang dikeluarkan ASABRI selama 2017 sebesar Rp1,34 triliun, lebih besar dari klaim yang dikeluarkan pada tahun sebelumnya yang sebesar Rp1,15 triliun. Sementara pendapatan dari premi sepanjang 2017 hanya sebesar Rp1,39 triliun. Angka ini hanya naik tipis dari capaian year on year yang sebesar Rp1,38 triliun.
 
Pada saat itu, perusahaan menutupi selisih premi dan klaim tersebut dengan imbal hasil dari hasil kegiatan investasi yang dikelolanya yang tercatat sebesar Rp3,07 triliun. Adapun hasil investasi ini terdiri dari program THT, JKK, JKM, serta program akumulasi iuran pensiun.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif