Ilustrasi. FOTO: dok MI.
Ilustrasi. FOTO: dok MI.

Petrokimia Gresik Gencarkan Sosialisasi Pemupukan Berimbang

Ekonomi pupuk
Husen Miftahudin • 08 November 2019 19:22
Jakarta: PT Petrokimia Gresik menggelar tanam padi perdana di lahan percobaan Desa Bedeng V, Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung. Langkah ini dilakukan dalam rangka upaya menggencarkan kampanye atau sosialisasi kepada petani terkait pemupukan berimbang.
 
"Pemupukan berimbang yang direkomendasikan oleh Petrokimia Gresik adalah 5:3:2, yaitu 500 kg pupuk organik Petroganik, 300 kg pupuk NPK Phonska Plus, dan 200 kg pupuk Urea untuk setiap satu hektare lahan padi. Serta pembenah tanah Kapur Pertanian 1-2 ton per hektare untuk meningkatkan pH tanah," jelas Direkur Pemasaran Petrokimia Gresik Digna Jatiningsih dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 8 November 2019.
 
Digna meyakinkan pemupukan berimbang merupakan formulasi pemupukan yang sudah teruji paling efisien dengan hasil yang optimal. Apalagi, pemupukan berimbang bisa mengurangi ketergantungan pupuk bersubsidi yang stoknya terbatas.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami berharap melalui lahan percobaan ini petani akan melihat langsung hasilnya, sehingga bisa diadopsi oleh petani lainnnya," tambah Digna.
 
Selain penggunaan pupuk organik, Petrokimia Gresik juga mendorong pemanfaatan pupuk NPK untuk memenuhi kebutuhan hara tanaman. Dalam hal ini adalah pupuk NPK Phonska Plus, yaitu produk pupuk non-subsidi retail kemasan 25 kg yang mulai diperkenalkan Petrokimia Gresik sejak 2016.
 
"Selain memenuhi unsur hara penting seperti Nitrogen, Phospor, Kalium, dan Sulfur, Phonska Plus juga mengandung unsur hara Zink. Ini adalah unsur hara mikro yang tidak ada pada NPK Phonska bersubsidi," ungkapnya.
 
Penambahan kandungan Zink pada Phonska Plus didasari temuan International Fertilizer Association (IFA) yang menyebutkan kondisi tanah di Indonesia mengalami defisiensi Zink yang cukup parah. Phonska Plus menjadi solusi atas permasalahan tanah tersebut.
 
"Selain dapat meningkatkan produktivitas, penggunaan NPK Phonska Plus juga dapat mengembalikan unsur hara Zink yang kandungannya sudah sangat minim saat ini," tutur Digna.
 
NPK Phonska Plus juga menjadi alternatif pupuk NPK bersubsidi, mengingat alokasi pupuk bersubsidi pada 2019 lebih sedikit dibanding 2018.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif