Akhir Agustus, Pemerintah Cairkan Pendanaan USD1 Miliar dari ADB

Eko Nordiansyah 21 Agustus 2018 17:48 WIB
utang luar negeri
Akhir Agustus, Pemerintah Cairkan Pendanaan USD1 Miliar dari ADB
The Asian Development Bank. Dok: AFP.
Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan mencairkan pendanaan dari USD1 miliar dari The Asian Development Bank (ADB). Pinjaman tersebut akan dicairkan pada akhir bulan ini.

"Agustus ini kita mau cairkan USD1 miliar dari ADB," kata Direktur Strategi dan Portofolio Utang Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu Schneider Siahaan di Gedung Frans Seda DJPPR, Jalan Wahidin Raya, Jakarta Pusat, Selasa, 21 Agustus 2018.

Dirinya menyebutkan proses pencairan pinjaman sudah memasuki tahap akhir verifikasi oleh ADB. Ditargetkan prosesnya akan selesai dalam dua minggu ke depan. "Kemarin prosesnya sudah terbit legal opinion, kemudian kita kirim ke lender, mereka verifikasi, kalau sudah oke tinggal cair," jelas dia.

Untuk tahun ini, Schneider menambahkan masih ada beberapa pinjaman lagi yang akan dicairkan. Namun dirinya enggan membeberkan karena prosesnya masih berjalan.

Sekadar diketahui, ADB menyiapkan dana sebesar USD2 miliar sebagai pinjaman bagi Indonesia tahun ini. Bantuan dana ini bisa digunakan untuk menopang pembangunan infrastruktur yang berbentuk fisik maupun nonfisik.

Tahun lalu ADB telah menyalurkan pinjaman senilai USD30 miliar untuk pembangunan infrastruktur di negara-negara Asia Pasifik. Tak hanya itu, ADB juga memberikan pinjaman meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui berbagai program vokasional, pendidikan, dan pelatihan.

 



(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id