Pemerintah Bidik 60% Warga Jakarta Beralih ke Transportasi Massal di 2029

Desi Angriani 14 Februari 2018 15:44 WIB
transportasikementerian perhubungan
Pemerintah Bidik 60% Warga Jakarta Beralih ke Transportasi Massal di 2029
Ilustrasi TOD. (FOTO: ANTARA/Bernadeta)
Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan lebih dari separuh penduduk Ibu Kota beralih menggunakan transportasi massal pada 2029.

Target tersebut sejalan dengan pengembangan hunian berkonsep transit oriented development (TOD) di sejumlah kawasan di Jakarta.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan saat ini warga Jakarta baru 40 persen yang menggunakan transportasi publik. "2029 kita harapkan penumpang yang bergerak di Jakarta itu 60 persen menggunakan transportasi massal," kata Budi saat ditemui di Hotel Raffles Jakarta, Rabu, 14 Februari 2018.

Budi menuturkan pembangunan TOD di Jakarta sudah dimulai yakni lima TOD di stasiun LRT dan 10 TOD di stasiun MRT. Sementara di Palembang akan dibangun lima TOD di stasiun LRT.

Pembangunan proyek TOD nantinya akan melibatkan swasta. Namun pemerintah pusat membutuhkan peran pemerintah daerah untuk menyediakan lahan-lahan yang cukup memadai agar moda angkutan umum dapat bersinergi dengan kawasan TOD.

"Saya minta Pemda apakah itu Jakarta, Surabaya, atau Palembang menyadari pembangunan dan mengambil langkah-langkah tertentu dengan law enforcement," tutur dia.

Budi berharap, pemda bisa mengembangkan TOD dengan tingkat kepadatan yang tinggi agar segala kebutuhan penghuni bisa terpenuhi dalam satu tempat.

"Kalau bisa density-nya dinaikkan, building coverage-nya kalau perlu 90 persen, KLB-nya (koefisien luas bangunan) lima sehingga menjadi padat," kata dia.

 



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id