Ilustrasi. FOTO: dok MI.
Ilustrasi. FOTO: dok MI.

Menkeu Siap Bayarkan Dana Tambahan BPJS Kesehatan Rp14 Triliun

Ekonomi BPJS Kesehatan
Eko Nordiansyah • 31 Oktober 2019 15:32
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku siap membayarkan dana tambahan untuk BPJS Kesehatan sebesar Rp14 triliun. Tambahan dana ini sebagai akibat dari kenaikan iuran BPJS Kesehatan.
 
Kementerian Keuangan diharuskan membayar selisih kenaikan iuran bagi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) pusat dan daerah terhitung sejak Agustus hingga Desember 2019. Selain itu, iuran peserta penerima upah (PPU) dari pemerintah juga dibayarkan mulai Oktober 2019.
 
"Dana PBI akan kita bayarkan sesegera mungkin. Sekitar Rp14 triliun. Nanti kita akan lihat karena kita masih akan membayar daerah," kata dia ditemui di Ritz Carlton Pacific Place, SCBD, Jakarta, Kamis, 31 Oktober 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kenaikan iuran BPJS Kesehatan sebelumnya tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2019 tentang perubahan atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Kenaikan iuran akan mulai diberlakukan 1 Januari 2020.
 
Dalam Perpres ini pemerintah pusat memberikan bantuan pendanaan iuran kepada pemerintah daerah sebesar Rp19 ribu per orang per bulan bagi penduduk yang didaftarkan oleh pemerintah daerah terhitung sejak Agustus sampai dengan Desember 2019.
 
Adapun ketentuan lebih lanjut mengenai bantuan pendanaan iuran akan diatur dengan Peraturan Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan.
 
Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani sebelumnya juga menyebutkan, pemerintah bersama-sama dengan BPJS Kesehatan akan menghitung berapa selisih iurang yang harus dibayarkan. Hal ini untuk menghindari kesalahan hitung yang berbeda-beda dari tiap instansi.
 
"Makanya belum tahu, makanya dilihat dulu persisnya (kenaikan). Supaya sama ini Kemenkes dan BPJS dan persisnya regulasi Perpresnya bagaimana. Jangan sampai menghitungnya beda-beda. Kemudian kita hitung sama-sama," ungkapnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif