Jasa Marge pengelola jalan tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara. Foto : Setkab.
Jasa Marge pengelola jalan tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara. Foto : Setkab.

Saat Dibuka, 62.402 Kendaraan Lintasi Tol Manado-Bitung

Ekonomi jasa marga
Antara • 05 Januari 2020 12:21
Manado: Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung George Manurung mengatakan sebanyak 62.402 kendaraan melintasi jalan tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara, saat dibuka fungsional sejak 20 Desember 2019 hingga 3 Januari 2020.
 
Menurut dia, saat tol dibuka fungsional menjelang Natal dan Tahun Baru, jumlah kendaraan melintas dari arah Manado menuju Bitung rata-rata sebanyak 3.523 unit.
 
"Lonjakan kendaraan terjadi satu hari sebelum (4.574 unit) dan satu hari sesudah Natal (4.642 unit), sedangkan pada hari Natal sebanyak 3.788 kendaraan yang melintas," kata dia dikutip dari Antara, Minggu, 5 Januari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selanjutnya, dua hari sebelum Tahun Baru jumlah kendaraan melintas sebanyak 4.534 unit, sedangkan sehari setelahnya sebanyak 4.190 unit.
 
Saat penutupan 3 Januari 2020, jumlah kendaraan melintas sebanyak 3.888 unit atau selisih sebanyak 365 unit bila dibandingkan saat dibuka fungsional 20 Desember 2019.
 
"Seperti harapan saat dibuka fungsional, Tol Manado-Bitung ini dapat membantu masyarakat yang hendak melakukan perjalanan dari Manado ke Bitung atau sebaliknya," ujarnya.
 
Meskipun belum secara keseluruhan Tol Manado-Bitung difungsionalkan, Manurung meyakini sudah membantu masyarakat terhindar dari kemacetan bila dibandingkan ketika menggunakan jalan nasional.
 
"Terima kasih kepada pengguna yang telah memanfaatkan tol ini sejak dibuka hingga ditutup fungsional. Kita akan terus melakukan sosialisasi mana yang bisa dan tidak bisa dilakukan saat berada di tol hingga penggunaan kartu transaksi elektronik," ujarnya.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif