Ilustrasi. (FOTO: AFP)
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Bank BUMN Segera Bentuk Fintech Sistem Pembayaran

Ekonomi bumn fintech
08 Januari 2019 11:58
Jakarta: Empat bank badan usaha milik negara (BUMN) ditambah dua BUMN lain akan membentuk perusahaan finansial berbasis teknologi (financial technology/fintech) di bidang sistem pembayaran dengan teknologi kode respons cepat (quick response code/QR code). Menurut rencana, peresmian perusahaan fintech itu dilakukan pada kuartal I-2019.

Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk Kartika Wirjoatmodjo mengatakan kedua BUMN di luar empat bank BUMN yang akan bekerja sama membentuk perusahaan fintech ialah PT Pertamina (persero) dan PT Telkom Tbk. Empat bank BUMN yang terlibat ialah PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Mandiri Tbk (Mandiri), dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN).

"Kini proses pembentukan fintech masih difinalisasi bersama BUMN lain," kata Tiko, sapaan akrab Kartika, seusai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank Mandiri di Jakarta, Senin, 7 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Seperti dikutip dari Antara, Mandiri sebenarnya memiliki rencana meluncurkan sistem pembayaran QR code dalam MandiriPay pada awal 2019. Namun, menurut Senior Vice President Perbankan Digital Bank Mandiri Sunarto Xie, peluncuran sistem QR code Bank Mandiri akan disesuaikan dengan rencana tiga bank BUMN lainnya dalam Himbara. Untuk bidang fintech lain, Mandiri berencana menginjeksi modal di Mandiri Capital Indonesia. Namun, Tiko belum memerinci nilai tambahan suntikan modal tersebut. Selain itu, untuk lini fintech afiliasi Mandiri lain yakni Amartha, Tiko mengatakan ingin meningkatkan penetrasi ke kredit mikro.

Saat ini belum ada perbankan yang ekspansif untuk layanan pembayaran QR code karena masih menunggu peraturan standardisasi dari Bank Indonesia. Namun, ada lembaga jasa keuangan pembayaran nonbank yang sudah aktif menjajakan layanan QR code seperti Go-Pay dan OVO. (Media Indonesia)

 


(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi