Lima dari 11 Pesawat Boeing 737 Max-8 Layak Terbang
Ilustrasi (FOTO: AFP)
Jakarta: Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Capt Avirianto mengatakan sebanyak lima dari 11 pesawat tipe Boeing 737 Max-8 yang beroperasi di Indonesia layak beroperasi.

"Empat pesawat Lion Air dan satu pesawat Garuda Indonesia sudah aman. Terus sisanya tinggal enam kita lakukan terus (uji kelayakan)," kata Capt Avirianto, kepada Medcom.id, di Jakarta, Rabu, 31 Oktober 2018.

Ia menjelaskan di Indonesia terdapat 11 pesawat bertipe serupa dengan pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, pada 29 Oktober 2018 lalu. Satu di antaranya milik maskapai Garuda Indonesia dan 10 sisanya milik Lion Air. Hingga malam kemarin sudah diperiksa lima pesawat dan dinyatakan layak operasi.



Sementara sisanya enam pesawat milik Lion Air masih akan dilakukan pemeriksaan kelaikudaraan. "Yang lainnya tetap kita pantau. Jadi pengerjaan ini kan tetap berjalan. Jadi yang enam ini menunggu laporan," ucap dia.

Capt Aviriyanto menambahkan instruksi untuk melakukan pemeriksaan khusus terhadap aspek kelaikudaraan seluruh Boeing 737 Max-8 memang sudah dilayangkan sejak 29 Oktober 2018. Pemeriksaan itu dilakukan untuk memastikan pesawat-pesawat yang beroperasi saat ini dalam keadaan aman.

"Ini kan double check. Double inspeksi. Jadi untuk memberikan keyakinan kepada masyarakat kita bahwa sisa pesawat yang beroperasi di Indonesia itu aman," pungkas dia.

 



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id