Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati -- Foto: Medcom.id/ Husen Miftahudin
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati -- Foto: Medcom.id/ Husen Miftahudin

Kemenhub Diminta Gunakan Skema KPBU Genjot Infrastruktur Perhubungan

Ekonomi infrastruktur sri mulyani kementerian perhubungan
Husen Miftahudin • 13 Februari 2019 13:30
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggunakan skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) untuk mendorong pembangunan infrastruktur perhubungan. Cara itu dinilai ampuh dalam menghadapi permasalahan anggaran.
 
"Kalau Kemenhub ingin meningkatkan dan mengakselerasi berbagai infrastruktur perhubungan namun menghadapi kendala anggaran, bisa dilakukan melalui KPBU," ujar Sri Mulyani di kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu, 13 Februari 2019.
 
Skema KPBU, jelasnya, bisa membantu pemerintah dalam menghadapi persoalan anggaran yang terbatas. Pihak swasta bisa menyelesaikan persoalan proyek hingga visibility study infrastruktur perhubungan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nah untuk itu Kemenhub harus menaikkan minat dari swasta untuk ikut membangun. Termasuk penggunaan penjaminan, availibility payment, maupun dari sisi viability gap. Itu juga terutama daerah tertarik untuk melihat," ungkapnya.
 
Soal perencanaan anggaran untuk 2020, Sri Mulyani mengapresiasi langkah Kemenhub yang sudah dirancang dari jauh-jauh hari. Apalagi pembangunan infrastruktur perhubungan merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menopang pertumbuhan ekonomi.
 
"Tansportasi dan perhubungan penting untuk menopang pertumbuhan ekonomi, mengurangi kemiskinan, serta menciptakan pemerataan sehingga peranan dari Kemenhub itu menjadi sangat vital," jelas dia.
 
Terkait kinerja penggunaan anggaran Kemenhub dari 2014 hingga 2018, Sri Mulyani memandang butuh perbaikan dalam pelaksanaan anggaran. "Terutama dari sisi penyerapan dan alokasi dari penggunaan anggarannya di Kemenhub. Saya berharap tentu persiapaan perencanaan anggaran berjalan secara lebih baik lagi," pungkasnya.
 

(Des)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif