Ilustrasi. (FOTO: AFP)
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Lebih Baik Aman Ketimbang Nyaman saat Bertransaksi Digital

Ekonomi belanja online ekonomi digital
Nia Deviyana • 03 Mei 2019 17:53
Jakarta: Penelitian yang dilakukan perusahaan layanan informasi Experian menunjukkan 77 persen konsumen Indonesia lebih mengutamakan keamanan sebagai unsur terpenting dari pengalaman melakukan transaksi digital.
 
Selanjutnya, faktor kenyamanan barulah menjadi indikator. Namun, presentasenya hanya sebesar 17 persen, diikuti personalisasi sebesar enam persen.
 
"Mengapa keamanan menjadi yang utama daripada kenyamanan, ini tentu ada alasannya," ujar Managing Director Decision Analytic and Bussiness Information Experian Asia Pacifik Mohan Jayaraman saat mengisi diskusi di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Jumat, 3 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mohan menuturkan 40 persen bisnis di Indonesia pernah mengalami peningkatan kerugian terkait penipuan online terhadap nasabahnya selama lebih dari 12 bulan. Sebab itu, Mohan menilai perusahaan harus memiliki pengamanan yang mumpuni sebagai antisipasi dari dampak ekonomi digital.
 
"Dengan interaksi antara bisnis dan konsumen yang kian meningkat terjadi melalui saluran digital, membangun lingkungan yang aman dan saling percaya harus menjadi prioritas perusahaan," terangnya.
 
Selanjutnya, Mohan menilai metode keamanan yang digunakan oleh kebanyakan perusahaan masih tradisional. Temuan menemukan perusahaan yang mengadopsi teknologi baru seperti biometrik fisik lebih dipercaya konsumen.
 
"Satu pendekatan yang terbukti efektif dan mampu diterima konsumen adalah biometrik, karena selain cepat, mempermudah verifikasi identitas," tukasnya.
 
Di samping itu, transparansi menjadi penentu utama lainnya dalam membangun kepercayaan bersama. "Laporan menunjukkan 88 persen konsumen Indonesia mengharapkan transparansi penuh terkait bagaimana informasi mengenai mereka digunakan," pungkasnya.
 

(AHL)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif