Direksi Garuda Disarankan Temui Pilot Sebelum Mogok Lagi
Pilot Garuda yang mengancam akan mogok kerja. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)
Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyarankan Serikat Karyawan PT Garuda Indonesia (Sekarga) termasuk di dalamnya pilot serta jajaran Direksi Garuda Indonesia, melakukan pembicaraan menyusul rencana mogok kerja menjelang Lebaran 2018 ini.

"Kalau ada masalah silakan dibicarakan, jangan mogok seperti itu," kata Budi usai memberikan sambutan dalam Apel Siaga Kesiapan Angkutan Laut Lebaran 2018 di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Kamis, 31 Mei 2018.

Menurut Budi, rencana aksi mogok tersebut mencederai komitmen pilot sebagai anak bangsa, terlebih Garuda Indonesia adalah maskapai milik pemerintah (flag carrier).

"Saya prihatin akan sikap pilot Garuda seperti itu. Pilot adalah kelompok yang sangat membanggakan, kalau itu dilakukan akan mencederai komitmen anak bangsa, Garuda ini kan flag carrier," tegasnya.

Sekarga sebelumnya mengancam akan mogok bekerja menjelang musim ramai Lebaran 2018 ini karena operasional yang dinilai semakin buruk.

Ketua Harian Sekarga Tommy Tampati menilai usulannya tidak mendapat respons dari pemerintah dan nyaris melewati tenggang waktu 2 Juni 2018.

Tommy menilai mogok kerja, termasuk para pilot adalah upaya terakhir yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan perusahaan pelat merah tersebut dari keterpurukan. Ia tidak mau maskapai yang menaunginya bernasib sama dengan maskapai yang bangkrut, yaitu Merpati.

 



(AHL)