Pertamina. MI/SAFIR MAKKI.
Pertamina. MI/SAFIR MAKKI.

Pertamina Gelontorkan Investasi Hulu Rp35,5 Triliun di 2019

Ekonomi migas pertamina
Suci Sedya Utami • 17 Januari 2019 15:32
Jakarta: PT Pertamina (Persero) siap menggelontorkan investasi sebesar USD2,5 miliar atau sekitar Rp35,5 triliun untuk sektor hulu di 2019. Investasi itu meliputi minyak dan gas (migas) serta geotermal.
 
Jumlah ini mengalami penurunan dibanding target investasi di tahun lalu sebesar USD3,1 miliar. Namun dalam realisasinya pada tahun lalu investasi hulu yang terserap sebesar USD2,9 miliar.
 
Direktur Hulu Pertamina Hermawan H Samsu menjelaskan penurunan tersebut bukan lantaran terjadi penurunan namun karena terjadi efisiensi biaya dari semua aktivitas yanng telah ditargetkan dari awal.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jangan melihat penurunan investasi tapi bisa jadi ada efisiensi, jadi bisa diturunkan," tutur dia di Kantor Pertamina Pusat, Jakarta Pusat, Kamis, 17 Januari 2019.
 
Investasi itu salah satunya untuk Proyek Jimbaran Tiung Biru yang biaya investasinya bisa dihemat dari USD2,4 miliar menjadi USD1,5 miliar. Dharmawan bilang seumpama pr oyek tersebut tetap menyerap investasi awal maka dinilai tidak akan ekonomis.
 
Selain itu investasi ini nantinya akan digunakan untuk pengeboran. Tahun ini kata Dharmawan, akan ada 140 sumur yang akan dibor. Dari jumlah tersebut, 100 sumur oleh Pertamina Hulu Mahakam dan sisanya oleh Pertamina Hulu Sanga-Sanga.
 
"100 sumur per tahun artinya setiap tiga hari ngebor sumur baru. Kita mampu Insyaallah," jelas dia.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif