Empat Cara Ini Bikin Perjalanan Semakin Hemat
Ilustrasi. (Foto: MI/Atet).
ADA kabar menggembirakan khususnya bagi Anda para pengguna ruas jalan tol. Presiden Joko Widodo meminta agar tarif tol di Indonesia diturunkan. Penyebabnya adalah banyaknya keluhan yang berasal dari para sopir khususnya para sopir logistik perihal mahalnya tarif tol yang belaku saat ini.

Menteri PUPR Basuki pun mulai mengkaji ulang atas permintaan Presiden tersebut andaikan hal ini bisa terealisasi tentu akan menjadi hal yang sangat melegakan khususnya bagi Anda yang sering melakukan perjalanan jauh dan harus berkali-kali keluar masuk tol. Hal ini akan membuat Anda menjadi lebih berhemat pengeluaran ketika melakukan perjalanan.

Tapi jangan terlalu senang dulu, ternyata ada banyak faktor lain yang akan membuat perjalanan Anda menjadi jauh lebih hemat lho! Ini dia caranya.

1. Periksa kondisi mobil.
Sebelum melakukan perjalanan jauh, sangat dianjurkan bagi Anda untuk memeriksa selalu kesehatan kondisi mobil. Selain untuk faktor keselamatan, hal ini juga akan berdampak pada keuangan Anda selama perjalanan, jika ternyata kendaraan Anda mengalami kerusakan sehingga tidak bisa melanjutkan perjalanan, ditambah jika harus menggunakan jasa mobil derek untuk mengantarkan Anda ke bengkel.

Belum lagi ada saja oknum di bengkel tak resmi yang menaikkan tarif perbaikan saat kondisi terdesak yang mengharuskan Anda mau tidak mau untuk melakukan perbaikan. Jadi jangan lah malas untuk melakukan pengecekan kendaraan Anda terlebih dahulu ya.

2. Pilih waktu yang tepat.
Dalam melakukan perjalanan hindari beberapa waktu yang mengakibatkan Anda menemui kemacetan panjang seperti jam pergi atau pulang kerja, atau pun perayaan hari libur nasional karena meningkatnya wisatawan yang mengakibakan kepadatan di jalan. Jika sampai menemui kemacetan Anda akan mengalami kerugian seperti borosnya bahan bakar, waktu, tenaga, dan juga uang  tak terduga misalnya yang seharusnya makan hanya sekali, jadi dua atau tiga kali karena mengalami kemacetan panjang.

3. Menekan biaya makan.
Dalam berlibur biasanya pengeluaran terbesar yang Anda keluarkan selain penginapan adalah biaya Anda untuk makan, terlebih jika Anda menemukan makanan-makanan khas daerah tertentu yang jarang Anda temui tentu akan membuat Anda penasaran untuk mencobanya. Maka dari itu tentukanlah terlebih dahulu biaya khusus untuk makan.

Disiplinkan diri agar tidak melebihi yang biaya yang Anda sudah perhitungkan sebelumnya. Ada baiknya juga bagi Anda untuk lebih bijak dalam menentukan makanan apa yang bisa bertahan lama hingga beberapa jam namun tetap Anda sukai.

4. Buatlah rencana biaya.
Ini adalah tahap yang paling penting, perhitungkanlah terlebih dahulu segala pengeluaran yang Anda harus keluarkan selama melakukan pengeluaran, seperti biaya untuk bahan bakar, biaya untuk makan, biaya makan ringan, biaya penginapan, biaya tol, dan lain-lain. Setelah itu disiplinkan diri Anda agar pengeluarannya tidak melebihi apa yang sudah Anda rencanakan.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat menghemat pengeluaran selama melakukan perjalanan jauh. Tetaplah menjadi bijak dalam hal keuangan. Semoga bermanfaat.

Klik di Sini untuk Download.



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id