Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto : Medcom.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto : Medcom.

Alasan Sri Mulyani Percepat Penyaluran Dana Desa Tahun Ini

Ekonomi dana desa
Eko Nordiansyah • 14 Januari 2020 21:21
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan alasan pemerintah mempercepat penyaluran dana desa tahun ini. Dirinya berharap pencairan lebih awal bisa mendorong kemampuan desa dalam menjalankan program kerja yang dimilikinya.
 
"Untuk meningkatkan kemampuan desa melakukan program-programnya lebih awal tapi tetap akuntabel," kata dia ditemui usai rapat dengan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Gedung DPD, Senayan, Jakarta, Selasa, 14 Januari 2020.
 
Mulai tahun ini penyaluran dana desa akan dilakukan sebesar 40 persen di tahap I, kemudian 40 persen lagi di tahap II dan 20 persen sisanya di tahap III. Sri Mulyani ingin dampak penyaluran dana desa bisa semakin baik ke depannya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ya nanti kita lihat perkembangan ke depan," jelas dia.
 
Penetapan skema penyaluran dana desa diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 205 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Dana Desa. Skema ini berbeda dengan sebelumnya yang 20 persen di tahap I, kemudian masing-masing 40 persen di tahap II dan tahap III.
 
Untuk tahap I pencairan akan dilakukan paling cepat Januari dan paling lambat bulan Juni. Sedangkan tahap II dicairkan paling cepat bulan Maret dan paling lambat minggu keempat Agustus, serta tahap III paling cepat cair Juli.
 
Sementara itu, penyaluran untuk desa mandiri akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap I pencairan paling cepat Januari atau paling lambat Juni sebesar 60 persen, sedangkan tahap II dicairkan paling cepat Juli sebesar 40 persen.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif