Kepala Staf Presiden Jenderal TNI (Purn) Moeldoko. Medcom.id/M Rodhi Aulia.
Kepala Staf Presiden Jenderal TNI (Purn) Moeldoko. Medcom.id/M Rodhi Aulia.

5 Juni, Moeldoko Ajak Gubernur Diskusi Reforma Agraria

Ekonomi reforma agraria
Dian Ihsan Siregar • 31 Mei 2018 13:01
Jakarta: Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko bakal mengundang para Gubernur se-Indonesia untuk membi‎carakan kendala reforma agraria yang ada di lapangan. Pembicaraan itu akan berlangsung pada Selasa, 5 Juni 2018. Pertemuan itu diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan agraria yang ada di lapangan.
 
Pernyataan itu disampaikan oleh Moeldoko usai rapat koordinasi yang digelar Menko Perekonomian bersama dirinya dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis, 31 Mei 2018.
 
"Ini akan ada reforma agaria. Kita undang gubernur, bagaimana membicarakan operasionalisasi dari reforma agraria itu seperti apa," ucap Moeldoko.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Masalah reforma agraria, dia menyebutkan, ada tiga bahasan yang akan dibicarakan, terkait sertifikasi tanah, redistribusi aset, dan perhutanan sosial.
 
Secara progres, menurut dia, reforma agraria masih tetap berjalan baik. Reforma agraria menurutnya masih sesuai target yang diharapkan oleh pemerintah.
 
"Kita akan lebih mengendalikan yah, agar jangan sampai meleset. Bukan hanya sertifikasi, tapi masalah perhutanan sosial juga yang harus dibahas dengan baik, perkembangannya seperti apa, agar kita tahu," jelas dia.
 
Masalah penguasaan hutan oleh pemerintah, lanjut dia, akan dipercepat. Sehingga, semua bisa berjalan baik apa yang diharapkan.
 
"‎Kita akan mengawal program ini jangan sampai meleset. Hal yang kedua, update data itu jangan dilupakan. Soal sertifikasi untuk tanah-tanah masyarakat cukup bagus yah perkembangannya," pungkas dia.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif