Bunga Penjamin Simpanan tak Berubah hingga 17 September
LPS. Dok : MI.
Jakarta: Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) merilis hasil evaluasi tingkat bunga penjaminan untuk simpanan rupiah dan valuta asing (valas) periode 18 Juli sampai 17 September 2018 tidak akan mengalami perubahan.

Sekretaris LPS Adi Nugroho dalam keterangan tertulisnya menyampaikan, tingkat bunga simpanan dalam rupiah dan valas di Bank Umum masing-masing sebesar 6,25 persen dan 1,5 persen. Sementara untuk tingkat bunga simpanan rupiah di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sebesar 8,75 persen.

"Tingkat bunga penjaminan yang berlaku saat ini dipandang masih sejalan dengan perkembangan suku bunga bank benchmark yang diberikan oleh perbankan," kata Adi, Rabu 15 Agustus 2018.
 
Di sisi lain, menurutnya, suku bunga simpanan masih berada dalam proses penyesuaian terhadap kenaikan tingkat bunga kebijakan moneter. Melihat kondisi pasar keuangan dan kondisi stabilitas sistem keuangan, LPS akan terus melakukan monitoring terhadap pergerakan tingkat bunga simpanan perbankan dan terbuka untuk melakukan penyesuaian terhadap tingkat bunga penjaminan.

"Sesuai ketentuan LPS, apabila suku bunga simpanan yang diperjanjikan antara bank dengan nasabah penyimpan melebihi tingkat bunga penjaminan simpanan, maka simpanan nasabah dimaksud menjadi tidak dijamin," jelas dia.

Berkenaan dengan hal itu, lanjut Adi, bank diharuskan untuk memberitahukan kepada nasabah penyimpan mengenai tingkat bunga penjaminan simpanan yang berlaku dengan menempatkan informasi dimaksud pada tempat yang mudah diketahui oleh nasabah penyimpan.

Sejalan dengan tujuan untuk melindungi nasabah dan memperluas cakupan penjaminan, LPS juga menghimbau agar perbankan lebih memperhatikan ketentuan tingkat bunga penjaminan simpanan dalam rangka penghimpunan dana.  Selain itu, dalam menjalankan usahanya, bank juga diminta memperhatikan kondisi likuiditas ke depan.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id