Kementan Siap Amankan Ketersediaan Pangan
Ilustrasi Pangan - MI/RAMDANI
Jakarta: Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi, menegaskan kesiapan pemerintah terkait kesediaan pangan. Kesiapan tersebut menjelang hari puasa dan Idul Fitri 2018.

"Pemerintah siap mengamankan stabilisasi harga dan pasokan pangan pokok atau strategis selama HBKN (Hari Besar Keagamaan dan Nasional) Puasa-Lebaran 2018, sebagaimana keberhasilan tahun 2017," ujar Agung melalui keterangan tertulis, Jumat, 4 Mei 2018.

Agung mengatakan, di tahun 2018 pemerintah harus mengulang keberhasilan di tahun sebelumnya. Untuk mencapai target tersebut, dibutuhkan suatu sinergi.

"Keberhasilan itu harus diulang tahun 2018 ini, sehingga membutuhkan sinergi antar K/L dan  stakeholder terkait. Dan yang tidak kalah penting harus mampu melepaskan ego sektoral masing-masing K/L," jelas Agung.

Terkait kesediaan pangan, Agung menyakini beberapa produksi pangan pokok strategis telah tersedia. Pangan tersebut di antaranya, beras, jagung, minyak goreng, gula pasir, dan bawang merah.

Kemudian, kesediaan cabai besar, cabai rawit, daging ayam ras dan telur ayam ras, diyakini cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat selama HBKN Puasa Idul Fitri 2018. Sedangkan, kesediaan beberapa pangan yang dinilai masih kurang, yaitu komoditas kedelai, kacang tanah, dan daging sapi.

"Namun demikian, Pemerintah telah mengambil langkah-langkah pengamanan untuk komoditas yang defisit, antara lain melalui kebijakan importasi daging sapi atau kerbau yang sampai saat ini sudah aman dan cukup untuk memenuhi kebutuhan selama puasa-idul fitri 2018," pungkas Agung.



(DEN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360